BSK Samawa

Masifkan Program Wujudkan Eliminasi TBC 2030

Direktur INSPIRASI bersama rombongan

Mataram, DS-Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mendukung penuh gerakan Institut Perempuan Untuk Perubahan Sosial (INSPIRASI) dan berharap agar program terus berjalan secara masif guna wujudkan eliminasi TBC 2030.

Hal tersebut disampaikan Umi Rohmi sapaan Wagub NTB ini saat menerima Direktur INSPIRASI bersama rombongan di ruang kerjanya, Senin (24/01).

Umi Rohmi mengajak untuk terus berkoordinasi dengan dinas kesehatan, sehingga bisa mengawinkan program apa yang dilakukan INSPIRASI berjalan dengan program pemerintah.

“Kita harus bersama-sama bergotong royong, karena INSPIRASI sendiri melibatkan kader-kader sehingga nyambung tidak bekerja sendiri-sendiri,” tandasnya.

Wagub berharap posyandu keluarga dijadikan sebagai pusat edukasi secara terus menerus bagi masyarakat. Sehingga apa yang dilakukan INSPIRASI bisa bermanfaat dan terus memberikan pembelajaran kepada masyarakat.

Sementara itu Direktur INSPIRASI Nurjanah mengatakan pihak memiliki interpensi di dua wilayah yaitu Kota Mataram dan Lombok Barat. Programnya di lakukan selama tiga tahun sampai tahun 2023 mendatang. Nurjanah menyebutkan tujuan program ini untuk melakukan tracing TB secara masif.

“Jadi kita ingin data-data di puskesmas yaitu indekasus dilakukan tracking ke berbasis data untuk menemukan kelompok-kelompok resiko tinggi. Sehingga setelah di assesment akan dirujuk ke pusat layanan kesehatan,” jelas Nurjanah.

Nurjannah menambahkan kehadiran INSPIRASI ini sebagai bentuk kalaborasi upaya membantu mensukseskan program pemerintah yaitu eliminasi TBC dalam rangka mewujudkan visi NTB Gemilang masyarakat yang sehat dan cerdas.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.