Berbagi Berita Merangkai Cerita

Masa Tanggap Darurat Covid, Ketersediaan Bahan Pangan Lotim Aman

0 25

SELONG,DS – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Lombok Timur menjamin ketersediaan pangan di Lombok Timur selama masa tanggap darurat pencegahan dan penanganan Covid-19.

Ditemui Duta Selaparang belum lama ini, Kepala DKP Lotim, Mashur, menerangkan ketersediaan beras di Lombok Timur, bisa bertahan hingga bulan Oktober mendatang.

“Dengan kondisi sekarang, kalau saya lihat laporan dari pertanian (Dinas,red), dengan stok kita sekarang ini bisa bertahan sampai oktober,” ungkapnya.

Sesuai data yang diterima dari Dinas Pertanian lebih dari 54.015 ton persediaan beras yang dimiliki Lombok Timur. Sedangkan, jumlah ketersediaan yang dimiliki Bulog Lotim, sebanyak 1.017 ton.

Namun, jumlah 54 ribu ton yang dilaporkan oleh Dinas Pertanian tersebut adalah jumlah ketersediaan yang masih ada pada sawah petani. Meskipun, sudah ada petani yang mulai yang mulai panen.

“Syukurnya kita di Lombok Timur, masyarakat kita sudah mau panen. Bahkan ada yang sudah panen,” ujarnya.
Selain dari dua sumber tersebut, ketersedian beras di Lombok Timur juga ada pada Lumbung Pangan yang menjadi binaan DKP. Sebanyak 42 ton beras tersedia pada Lumbung Pangan tersebut.

Ada juga cadangan beras yang dikelola oleh Pemerintah, sebanyak 31 ton. Namun, cadangan tersebut adalah pertahanan terakhir Lombok Timur, yang akan dikeluarkan dalam kondisi sangat darurat. Yaitu, saat ketersediaan beras pada tempat lain telah benar-benar habis.

“Cadangan yang dikelola oleh Pemerintah kita sampai saat ini, masih 31 ton. Itu yang dikeluarkan oleh Pemerintah dalam kondisi yang sangat darurat,” jelas Mashur.

Ia pun meminta Dinas Perdagangan untuk terus memantau harga di lapangan, agar tidak terjadi ledakan harga.dd

Leave A Reply