Berbagi Berita Merangkai Cerita

Mahasiswa Gelar Aksi Simpatik Dukung Pemda Tegakan Sanksi

10

Foto : Aksi simpatik mahasiswa dukung pemerintah

SELONG, DS – Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Hamzanwadi (Unham) Pancor menggelar aksi simpatik di depan Kantor Bupati Lombok Timur, Senin (14/09/2020).

Aksi yang dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan ini bertujuan memberikan dukungan kepada Pemda Lombok Timur dalam penegakan aturan penggunaan masker, sebagai bagian dari pencegahan penyebaran Covid-19.

Koordinator Aksi, M. Eki Tamara mengatakan gerakan yang dilakukannya merupakan bagian dari tanggungjawab moral selaku civitas akedemika. Sebagaimana yang tercantum dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

“Kami bukan hanya mendukung, kami juga mengajak pemerintah untuk terus memberikan contoh, dan mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Ia pun meminta pemerintah tegas dalam penerapan protokol sebagaimana yang telah termaktub dalam peraturan yang telah ditetapkan. Mulai dari penerapan Inpres nomor 6 tahun 2020, serta peraturan dibawahnya. Mulai dari Perda nomor 7 tahun 2020, dan Perbup nomor 39 tahun 2020.

Dalam aksi ini, mahasiswa juga membagikan masker bagi pengguna kendaraan yang melintas di sekitar lokasi aksi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, M Juaini Taofik yang menerima langsung masa aksi menyatakan apresiasinya atas dukungan yang diberikan mahasiswa.

“Kehadiran mahasiswa sebagai multivitamin untuk kita lebih bersemangat melawan Covid-19. Bisanya demo itu melawan pemerintah, hari ini saya melihat mahasiswa mendukung langkah pemerintah,” ujar Taofik.

Ia pun menyampaikan harapan agar semakin banyak organisasi kepemudaan (OKP) maupun organisasi kemasyarakatan yang memberikan dukungan terhadap langkah pemda dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan.

Penegakan peraturan melalui intervensi pemerintah perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Karena tanpa intervensi yang kuat, pandemi Covid-19 akan sulit melemah. Oleh sebab itu, razia penggunaan masker juga mulai digelar pada hari itu.

“Sebelum menerima adik-adik, saya sudah melepas tim pro yustisia unyuk penegakan perda pencegahan Covid-19,” tuturnya.

Setelah menyampaikan pernyataan sikap, mahasiswa kemudian membubarkan diri dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.