Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 7 Nov 2022 16:48 WITA ·

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UGR Dampingi Pelaku UMKM


					Siti Reuni Ilayati, SE, M.Ak Perbesar

Siti Reuni Ilayati, SE, M.Ak

Selong,DS-Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unversitas Gunung Rinjani (UGR) melakukan pendampingan UMKM di Sembalunmlelaui KKN Tematik. Pendampingan dilakukan diantaranya untuk meningkatkan kualitas produk dan akses pemasaran.

Dekan Fakultas Ekonomi UGR, Siti Reuni Ilayati, SE, M.Ak, Senin (7/11), mengemukakan dari pendampingan yang sudah dilaksanakan selama empat bulan, diperoleh beberapa persoalan menyangkut kualitas produk dan pemasaran.

Dari aspek pemasaran, kata dia, keterbatasan akses UMKM disikapi dengan memberikan pelatihan digital marketing sehingga pemasaran produk bisa dilakukan secara online.
Beberapa produk yang menjadi atensi UMKM masing-masing kopi dan minuman herbal.

Khusus kopi, belum diperoleh pemahaman yang merata dari pelaku UMKM dalam membangun jejaring pemasaran karena para penguasaha itu memiliki akses yang berbeda satu sama lain.

Terdapat satu pengusaha yang memiliki jejaring luas hingga ke luar negeri namun sebagian besar UMKM masih berkutatat pada persoalan pemasaran tersebut.

Siti Reuni mengakui, ruang pemasaran produk bagi pelaku UMKM masih cukup luas dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Fakta yang dilihat, produk-produk UMKM masih berada dslam jangkauan yang sangat terbatas.

Terkait kopi Sembalun yang mendunia itu, pemasarannya masih di ruang-ruang tertentu. Artinya, kopi Sembalun masih dikonsumsi orang-orang tertentu yang membeli di tempat-tempat tertentu dengan harga relatif mahal.

Kendati harga produk lokal itu relatif tinggi, sayangnya kopi Sembalun belum menghiasi gerai Alfamart dan Indomaret sebagaimana kopi Aceh, Bali, Flores, Papua, dan lain-lain, terutama dalam bentuk kemasan gelas seharga Rp 10.000 atau sekali minum yang bisa dijangkau saku pembeli.

Beranjak dari progam pemerintah NTB, yakni “Bela Beli Produk Lokal”, sudah seharusnya kopi lokal yang memiliki cita rasa tinggi itu menghiasi pertokoan agar lebih dikenal luas. Pada gilirannya, kata dia, keberadaan UMKM bisa mendongrak perekonomian masyarakat.ian

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rezeki Dampak WSBK Sampai Juga ke PKL Jalur Penyangga

14 November 2022 - 12:36 WITA

Menguntungkan, SJP Komit Perjuangkan Infrastruktur Dukung Event Internasional di NTB

13 November 2022 - 22:58 WITA

Pertumbuhan Ekonomi NTB Capai 7,10 Persen

8 November 2022 - 16:42 WITA

Rahmat Hidayat Gelontor Bantuan Ponpes di Lotim Rp 300 Juta

4 November 2022 - 19:11 WITA

Kata Niken, Aktor Utama Pengembangan Industri Itu UMKM

31 Oktober 2022 - 20:39 WITA

Sebanyak 9.000 an Guru dan Siswa Terima Dana Zakat

29 Oktober 2022 - 06:56 WITA

Trending di Ekonomi