BSK Samawa

Mahasiswa Demo KPU Lombok Timur, Tuntut KPU Transparan Terkait Data Pemilih

Selong, DS- Kirab Pemilu 2024 di Lombok Timur diwarnai aksi unjuk rasa oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Mereka berorasi di depan Kantor KPU Lombok Timur, Rabu (14/06).

Aksi mahasiswa sempat memanas. Para pendemo membakar ban bekas dan terlibat aksi saling dorong dengan aparat keamanan saat peserta aksi merangsek masuk ke Kantor KPU yang tengah menggelar kirab Pemilu 2024.

Massa aksi juga membawa keranda mayat, spanduk dan pamplet sebagai bentuk protes atas kinerja KPU dan Bawaslu.

Dalam orasinya, mahasiswa menuntut KPU melalukan pendataan pemilih secara transparan. “Dimana hati nurani anda, dimana ada banyak hak pilih rakyat yang anda rampas, “teriak peserta aksi, Zulhadi.

Menurutnya, banyak data pemilih yang dihasilkan KPU janggal, banyak tidak sesuai dengan fakta di lapangan dan hasil pleno di tingkat PPK. “Karna kesalahan pendataan yang dilakukan, ada banyak ketimpangan yang terjadi, ” ucapnya.

Karna itu, massa menuntut KPU melakukan coklit ulang datang pemilih dan mendesak Ketua Bawaslu dan KPU mengundurkan diri karna dianggap tidak mampu mengawal tahapan pemilu.

Setelah menyampaikan aspirasinya, massa kemudian membubarkan diri dengan tertib dikawal aparat kepolisian dari Polres Lombok Timur.LR

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.