BSK Samawa

Mahasiswa Berbagai Kampus di Indonesia Ikuti Lomba NPBC di UGR

Selong, DS- Puluhan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indoensia mengikuti National Business Plan Competition (NBPC) 2024 di Universitas Gunung Rinjani (UGR). Kegiatan NBPC itu dibuka Rektor UGR, Basri Mulyani, di Auditorium UGR, Gapuk Lombok Timur, Sabtu (09/04/2024).

NPBC sendiri adalah lomba perencanaan bisnis tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Gunung Rinjani (UGR) bekerjasama dengan Komunitas Entre.Idn.

Lomba kali ini mengambil tema Peran Preneur Muda Dalam Membangun Bangsa dengan subtema mulai dari lingkungan, pariwisata, kuliner, pertanian, industri kreatif hingga inovasi teknologi.

Para peserta dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia berdatangan ke UGR menampilkan berbagai kreatifitas, inovasi dan produk yang dikembangkan untuk dinilai tim juri.

Rektor UG, Basri Mulyani, mengatakan kegiatan ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan di kampusnya setelah kegiatan serupa dilaksanakan tahun 2023 lalu. “Ini yang kedua kali dilaksanakan di UGR,” ucapnya.

Lomba ini, ungkapnya, sangat penting untuk memupuk kreatifitas mahasiswa untuk menjadi enterpreneur di masa depan setelah mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Karena itu, kata Basri, pentingnya kreatifitas mahasiswa itu diadaptasikan dengan perkembangan dunia teknologi dan era digitisasi saat ini.

“Itu pentingnya proses pembelajaran mahasiswa di kampus perlu dirancang dengan baik. Mulai dari kurikulumnya sampai dia lulus dari Perguruan tinggi, ” jelasnya.

Dia menegaskan kurikulum dahulu dengan sekarang sangat berbeda. Dahulu masih fokus kurikulumnya bersifat akademik, sekarang kurikulumnya sudah mulai mengarah pada kurikulum yang sifatnya implementatif.

“Nah lomba ini tujuannya itu. Apa yang diperoleh di bangku kuliah bisa diimplementasikan dalam bentuk karya,” imbuh Basri.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.