Berbagi Berita Merangkai Cerita

Luncurkan Calender of Event 2020, NTB Ingin MotoGP Mandalika 2021 Jaring Banyak Wisatawan

0 12

MATARAM, DS – Pertumbuhan sektor pariwisata terutama di kawasan Pulau Lombok dan Sumbawa terus digenjot Pemprov NTB pada tahun ini. Tak tanggung-tanggung, sejumlah event dan gelaran kegiatan pariwisata selama satu tahun ke depan diluncurkan agar lebih terarah dan terukur.Tujuannya untuk menarik lebih banyak lagi jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi NTB.

Menariknya, kegiatan peluncuran ‘Calendar of Event Lombok Sumbawa’ itu dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Rabu (22/1). Tema besarnya ialah mengusung Lombok-Sumbawa Goes To MotoGP 2021. Nantinya, akan dapat memberi spirit positif kepada masyarakat NTB dalam mensukseskan event berskala internasional tersebut.

“Yang utama, adanya event berskala internasional itu akan mampu menyerap tenaga kerja daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB kedepannya,” ujar Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah dalam siaran tertulisnya yang diterima wartawan.

Menurut Wagub, Launching Calendar of Event Lombok Sumbawa 2020 kali ini menjadi pemicu semangat bagi masyarakat NTB. Apalagi, pihaknya merasa bersyukur atas rencana pemerintah pusat yang menjadikan provinsi NTB sebagai salah satu distinasi tujuan pariwisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

“Insya Allah, spirit optimisme memasuki tahun 2020 terus kami gelorakan di NTB. Dan pastinya kami sangat senang karena telah menjadi salah satu tujuan wisatawan di Indonesia, disini kami merasa bahagia dan menyambut predikat itu sebagai tuan rumah yang baik,” kata Rohmi.

Peluncuran Calendar of Event yang dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah serta peragaan busana hijab berbahan dasar songket khas NTB itu, mendapat dukungan penuh dari Kemenparekraf.

Wagub menegaskan, jika kedepan orientasi pariswisata NTB tidak lagi hanya berorientasi pada jumlah wisatawan yang berkunjung. Namun akan lebih difokuskan pada kualitas wisatawan yang datang.

“Harapannya, jelas akan mampu meningkatkan devisa dan kesejahteraan masyarakat NTB karena yang datang adalah wisatawan yang berkualitas,” tegas Rohmi.

Dalam kesempatan itu. Wagub juga berharap agar Kementerian Pariwisata memberi dukungan guna peningkatan NTB sebagai Halal Tourism Destination. Ini dimaksudkan agar dapat memberi kenyamanan kepada investor dan pengunjung baik muslim maupun non muslim, sehingga mereka bisa berlama-lama tinggal di NTB.

“Yang utama dukungan ini, tidak lain wisatawan yang datang ke NTB tidak bosan-bosannya kembali lagi ke NTB. Karena memang keindahan distinasi wisata NTB memiliki keunggulan bila dibandingkan wilayah lainnya di Indonesia,” ucap Rohmi.

Direncanakan, dalam pelaksanaanya akan ada sebanyak 16 event yang telah dicanangkan lewat kalender tersebut, Kemenparekraf bakal terlibat untuk memberikan bimbingan.

“Saya mengucapkan selamat untuk Launching Calendar of Event Lombok Sumbawa 2020, yang meluncurkan 16 event untuk dilakukan pada tahun ini. Tahun ini kita harus lebih fokus kepada kualitas bukan hanya sekedar jumlah saja, dengan cara mempersembahkan kualitas yang bagus dari kualitas destinasi hingga kualitas pelayanannya,” kata Menparekraf, Wishnutama dalam sambutannya.

Menpar mengakui akan pentingnya menjaga stabilitas dan keamanan di daerah guna membangun citra positif pariwisata NTB ke depan.

Persiapan Jelang MotoGP 2021
Tak hanya itu, Pemprov NTB terus menggelar persiapan jelang pelaksanaan ajang balapan motor MotoGP Mandalika 2021. ” Lintasannya juga sudah dipersiapkan, intinya semua sudah dalam persiapan ya,” ungkap Wagub seraya berharap penyelenggaraan event olahraga tingkat dunia ini dapat menjadi ajang promosi wisata NTB. Sehingga bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam Lombok dan Sumbawa.

Senada dengan Wagub, Wishnutama mengatakan sebagian besar fasilitas di Mandalika sedang dalam penyiapan termasuk juga akomodasi. “Per hari ini, sudah tersedia 10 ribu kamar hotel, ada kapal pesiar juga yang kami manfaatkan untuk tempat menginap, serta ada tersedia glamping,” kata Wishnutama.

Sementara itu, sebanyak 16 Calendar of Event Lombok Sumbawa 2020 yang dipersiapkan pemprov NTB. Tiga diantaranya merupakan Wonderful Event dari calender of Event Kemenparekraf. Tiga Event tersebut, yakni Festival Bau Nyale 2020 yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-15 Februari 2020. Selanjutnya, Festival Pesona Khazanah Ramadhan 2020 yang akan diselenggarakan sepanjang bulan Ramadhan 2020. Dan, Festival Taliwang yang akan digelar pada November 2020. rul.

Leave A Reply