BSK Samawa

Luhut yang Datang ke Lotim, Presiden Jokowi Dipastikan Batal

Pantai Ekas

Selong,DS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan batal mengunjungi Lombok Timur pada 29 Februari 2024.Sebelumnya, Jokowi direncanakan berkunjung ke Lombok Timur untuk meresmikan secara langsung pabrik hilirisasi rumput laut dari PT. Sea Six yang berlokasi di Teluk Ekas.

Karena agenda Presiden yang padat, posisi kedatangannya akan digantikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Lombok Timur, Ahmad Masfu, mengatakan, Luhut akan secara langsung meresmikan pabrik dari PT. Sea Six

“Karena secara mendadak ada kegiatan di IKN mulai nanti malam sampai besok. Kalau Luhut sudah di bandara baru turun di bandara,” ucap Masfu, Rabu (28/2/2024).

Selain meresmikan pabrik pengolahan rumput laut dari PT. Sea Six, Luhut nantinya juga akan menyapa para nelayan modern yang ada di Teluk Ekas.

Diharapkan kedatangan luhut ke Lombok Timur juga menjadi angin segar bagi pengembangan rumput laut di Lombok Timur mengingat lombok Timur menjadi satu diantara daerah sentra rumput laut di Indonesai.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik, meninjau kesiapan pabrik hilirisasi rumput laut PT. Sea Six tersebut.Dikatakan Juaini, saat ini, daerah selatan Kabupaten Lombok Timur terkenal dengan surga budidaya rumput laut. Namun, sejauh ini rumput laut di daerah belum sepenuhnya di optimalkan atau hanya dijual mentahnya ke daerah Surabaya Jawa Timur.

Disebutkannya juga bahwa dirinya beberapa waktu lalu mengecek langsung hilirisasi budidaya rumput PT. Sea Six di Buleleng Singaraja, Bali. Dimana rumput laut basah langsung dimasukkan ke pabrik hingga menghasilkan beberapa olahan rumput laut seperti plastik dan pupuk.

“Saya sudah ke tempatnya pak Agus di Buleleng, di sana itu rumput laut basah langsung dapat dimasukkan pabrik. Hingga akhirnya menghasilkan beberapa olahan dari rumput laut seperti pupuk, plastik, dan disini akan besar lagi yaitu menghasilkan minyak dari rumput laut,” ucapnya.

Dikatakannya, hilirisasi ini memiliki dampak besar bagi pekerja dan proporsi dikejar total. Sehingga budidaya rumput laut masyarakat sekitar akan bergairah.

“Tidak kalah pentingnya menurut saya adalah industri hilirisasi ini adalah yang dari hulu hingga hilirnya menjadi yang pertama di Indonesia,” ujar Juaini.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.