Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

LPA Beberkan Prostitusi Anak di Lotim

105
Judan Putrabaya

SELONG, DS – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lombok Timur, membeberkan adanya praktik prostitusi anak di Lombok Timur. Bahkan, secara spesifik, Ketua LPA Lombok Timur, Judan Putrabaya, menyebutkan lokasi-lokasi yang kerap dijadikan sebagai tempat praktik prostitusi anak ini.


“Pernah kita laporkan lokasi ini, saat dilakukan penggerebekan katanya gagal. Tidak ditemukan. Padahal kita melakukan penyelidikan, kita dapatkan pelakunya,” tutur Judan, Kamis (02/07/2020).


Menurutnya, pada lokasi tersebut kerap didatangi oleh anak-anak dengan berseragam sekolah. “Tidak tanggung-tanggung datang ke sana juga dengan pakaian seragamnya,” ucapnya.


Bukan hanya menjadi praktik prostitusi, di lokasi yang disebutkannya tersebut, diapit juga oleh tempat penjualan miras dan arena judi sabung ayam.


“Di lokasi itu, memang luar biasa settingannya. Jadi, di jalan depan penjual miras. Di tengah rumah bergandengan tempat lokasinya. Di belakangnya itu adalah lokasi sabung ayam. Lengkap sekali posisi ini,” bebernya.


Untuk mendapatkan jasa kenikmatan dari para pekerja seks dibawah umur tersebut, cukup dengan memesan saja. Kemudian, anak-anak berseragam tersebut akan datang dalam waktu yang relatif singkat.
Bahkan terindikasi, anak-anak yang dipekerjakan pada tempat tersebut berasal dari lima kecamatan, yang tersebar di Kabupaten Lombok Timur.


“Modelnya, tinggal pesan saja. Lima menit, 10 menit datang. Dan memang betul anak-anak ini datang. Pernah kita buktikan hal itu,” ungkapnya.


Namun, semenjak dilaporkan ke unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Polres Lombok Timur, praktik prostitusi belum terdengar lagi pada lokasi yang dimaksudkan. “Sampai hari ini belum terdengar di lokasi ini. Tapi saya tidak tahu apakah modusnya terjadi perpindahan tempat atau tidak,” ujarnya, seraya menjelaskan pihaknya belum melakukan investigasi lebih lanjut. Karena terkendala pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.