Berbagi Berita Merangkai Cerita

Lotim Siapkan Pertanian Sambut Buruh Migran Pulang Kampung

24

Bupati Sukiman Azmy

SELONG, DS – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menyiapkan sektor pertanian untuk menampung Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali dari negara penempatan. Langkah ini diambil untuk mengurangi angka pengangguran yang timbul akibat pandemi Covid-19.

Sebagaimana kita ketahui, negara-negara penempatan PMI memberlakukan pembatasan pekerja di masa pandemi ini. Sebanyak lebih dari 1200 PMI telah kemabli dari Malaysia, Singapura, dan sekitarnya. Itu memerlukan perhatian kita juga.

“Selama masa pandemi, penghasilannya sudah tidak ada, kewajiban kita untuk memperhatikan mereka,” janji Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy.

Terlebih selama ini sektot pertanian menopang pertumbuhan ekonomi Lombok Timur. Bahkan bertahannya perekonomian Lombok Timur di masa pandemi lantaran pertanian sebagai pondasi ekonominya.

“Beruntungnya pertumbuhan ekonomi yang ditopang sektor pertanian. Lombok Timur ini yang paling stabil dibandingkan yang lain,” terangnya.

Untuk menopang sektor pertanian, Lombok Timur mendapatkan upline 4000 hektare lahan di 2021. Lahan tersebut akan dimaksimalkan untuk bawang putih, bawang merah, jagung, kedelai dan tanaman holtikultural lainnya.

“Kita berharap itu dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Baik yang punya lahan maupun buruh tani,” harap Bupati. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.