Lotim Penyangga Cabai Nasional, Pj Gubernur Panen Raya di Kerongkong

Panen raya cabai. pkp

Selong, DS-Lombok Timur menjadi daerah penyangga cabai nasional. Desa Kerongkong, Kecamatan Suralaga adalah salah satu sentra produksi cabai. Pj. Gubernur NTB. Lalu Gita Ariadi menyempatkan diri berkunjung sekaligus melakukan panen raya didampingi Pj. Sekda Lombok Timur H. Hasni bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB Heru Saptaji, Kamis (11/1) tersebut.

Saat berkunjung ke lahan garapan Kelompok Tani Orong Balak tersebut Pj. Gubernur memuji kesuburan lahan dan desa tersebut, “Desa ini makmur, ini merupakan cerminan desa yang bahagia,” ujarnya.

Sebagai salah satu komoditas yang mempengaruhi inflasi, Pj. Gubernur berharap komoditas hortikultura ini terus dikembangkan.

Ia berharap cabai berbasis pertanian organik tersebut dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya mengingat hal ini akan mendatangkan keuntungan bagi para petani, khususnya petani cabai dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar cabai nasional.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB, Heru Saptaji, menyampaikan kerjasama Bank Indonesia dengan kelompok tani di Lombok Timur tersebut merupakan salah satu upaya mengendalikan inflasi. Ia mengakui hampir setiap tahun sejumlah komoditas mempengaruhi fluktuasi harga. “Paling tidak di bawang merah, cabai, beras yang seringkali mengalami fluktuasi dengan harga yang tinggi,” katanya.

Karena itulah Bank Indonesia memberikan pelatihan kepada kelompok tani binaan, seperti pengolahan tanah secara organik dengan metode pertanian terintegrasi (integrated farming), termasuk belajar dari petani berprestasi dari daerah lainnya. Tidak saja teknik bercocok tanam, tetapi diajarkan pula penguatan kelembagaan kelompok tani.

Usai kegiatan tersebut Penjabat Gubernur beserta rombongan bertolak meninjau lokasi bendungan Pandanduri yang ada di desa Suwangi, kecamatan Sakra. Sebelumnya, Pj. Gubernur juga berkunjung ke lokasi Aglomerasi Pabrik Hasil Tembakau (APHT) di Paokmotong, Kecamatan Sikur untuk melihat aktivitas di tempat tersebut. hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.