A place where you need to follow for what happening in world cup

Lotim Pasok 30.5 Juta Butir Kelapa Pertahun

45

Maerupin

SELONG, DS – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menjadi pemasok kelapa terbesar di NTB. Berdasarkan data Dinas Pertanian, Lombok Timur lebih dari 30,5 juta butir kelapa setiap tahunnya.

Sayangnya potensi ini belum bisa dimanfaatkan sebagai olahan. Pengiriman kelapa ke luar daerah masih berupa kelapa utuh. Padahal jika dijadikan olahan, nilai jualnya akan meningkat.

“Akan tetapi masyarakat kita belum bisa mengolah kekayaan alam itu secara mandiri,” kata Kepala Bidang Perkebunan, Maerupin, Rabu (17/02).

Pengiriman dalam bentuk kelapa utuh ini menjadi pilihan petani lantaran lebih praktis. Sementara jika dilakukan pengolahan terlebih dahulu, akan lebih repot dan memiliki biaya produksi yang tinggi.

“Petani menganggap mengirim bahan baku lebih menguntungkan dan lebih mudah,” tuturnya.

Lombok Timur yang memiliki areal pantai yang luas dinilai sangat cocok untuk budidaya kelapa. Karena kelapa berkualitas baik cocok ditanam di lahan dengan ketinggian sekitar 500 mete dari permukaan laut.

“Melihat potensi wilayah laut di Lotim, masih banyak wilayah kosong di pinggir pantai yang bisa ditanami kelapa,” ucapnya.

Adapun wilayah areal pinggir pantai yang dianggap berpotensi menghasilkan kelapa terbaik diantaranya Kecamatan Sambelia, Suela, Pringgabaya, Keruak, Labuhan Haji, dan Aikmel. Pihaknya pun akan mengusulkan program pembibitan kelapa, yang akan dikelola langsung oleh masyarakat.

Bahkan menurutnya, jajaran pohon kelapa juga dapat dijadikan agrowisata. Tentunya dengan bersinergi dengan instansi lainnya.

“Selain kita menambah potensi kelapa di Lotim, kita juga bisa maksimalkan menjadi tempat wisata,” pungkasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas