Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 7 Des 2020 22:06 WITA ·

Lotim akan Berlakukan Wajib PAUD untuk Masuk SD


					Pengukuhan Bunda PAUD Perbesar

Pengukuhan Bunda PAUD

SELONG, DS – Kepala Dinas Pendidikan Lombok Timur, Dewanto Hadi mengukuhkan 21 orang Bunda PAUD, Senin (07/12). Bunda PAUD yang merupakan ketua Tim PKK Kecamatan ini diharapkan dapat teribat secara intens dalam pengembangan PAUD di kecamatannya masing-masing.

“Ini menjadi suplemen baru untuk kita. Karena sementara ini beliau-beliau ini belum terlibat secara intens. Ketua Tim PKK Kecamatan itu sekaligus dikukuhkan menjadi bunda PAUD kecamatan,” terang Dewanto.

Dituturkannya, saat ini jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Lombok Timur hampir mencapai 900 lembaga. Sayangnya jumlah ini belum memaksimalkan partisipasi anak dalam menempuh pendidikan non formal ini.

Dicontohkannya, Aikmel sebagai kecamatan dengan partisipan tertinggi baru menyerap 63% peserta didik. Sedangkan partisipan terendah di Kecamatan Sambelia yang angkanya hanya 29%.

“Kalau dari sisi angka partisipasinya, Aikmel tertinggi 63%, terendah Sambelia 29%. Angka rata-rata partisipasi Lombok Timur, 40,1%,” bebernya.

Kesadaran orangtua juga diduga menjadi faktor yang menyebabkan masih rendahnya tingkat partisipasi. Pemkab Lombok Timur bahkan telah menerbitkan perda untuk menggugah kesadaran orangtua agar anak mendapatkan pendidikan sejak dini.

Dalam perbup tersebut mengatur persyaratan masuk sekolah dasar (SD), mengharuskan anak menempuh PAUD minimal satu tahun. Namun tentunya aturan tersebut tidak serta merta langsung diterapkan.

“Tapi ini harus ada masa transisi, tidak serta merta kita terapkan. Satu tahun kesempatan untuk kita mengedukasi orangtua,” ucapnya.

Langkah ini diambil demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Lombok Timur di masa depan. “Untuk menyelesaikan permasalahan SDM, maka kita harus mulai dari usia keemasan itu,” terangnya.

Bahkan Lombok Timur telah memiliki 80 PAUD Holistik Integratif (HI). Dimana dalam PAUD ini dipenuhi kebutuhan pangan, kesehatan, parenting. Sehingga kesehatan maupun psikologis anak terjaga dengan baik. Dd

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Enam Lterasi Dasar yang Harus Diterapkan untuk Anak

25 September 2022 - 09:35 WITA

Pemprov NTB Siap Jalin Kerjasama dengan UPN Veteran Jakarta

16 September 2022 - 07:47 WITA

Ini Kata Gubernur pada Kuliah Umum Doktor Hasto Kristiyanto

16 September 2022 - 07:43 WITA

Gunakan Digitalisasi untuk Ilmu Pengetahuan dan Ekonomi

11 September 2022 - 09:53 WITA

Kata Wagub NTB, i Ponpes Santri Dapat Ilmu Lebih

11 September 2022 - 05:56 WITA

Gubernur NTB : STIE Bima Banyak Lahirkan Orang Hebat

10 September 2022 - 09:58 WITA

Trending di Pendidikan