BSK Samawa

Lombok Timur Deklarasi Pariwisata Berkelanjutan

Foto bersama saat Deklarasi Paiwisata Berkelanjutan Lombok Timur

Selong, DS -Bertempat di rumah Dinas Sekda Lombok Timur (Lotim), Selasa (28/12/2021), berlangsung acara Deklarasi Pariwisata Berkelanjutan. Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Pariwisata Lotim, pelaku wisata, pengusaha, institusi/PT, Pokdarwis, dan dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Lotim, Drs. H.Muhammad Juaini Taofik, M.Ap menyampaikan bahwa setidaknya ada lima komponen yang harus terlibat dalam rangka mencapai Pariwisata Berkelanjutan tersebut masing-masing pelaku wisata, Pokdarwis, pengusaha/investor, perguruan tinggi, dan para awak media.

“Sumber daya ( SDA dan SDM) Lotim yang terhampar menyasar di tiga tempat yaitu bagian selatan, tengah dan utara merupakan potensi yang harus dikelola dengan baik dengan keterlibatan berbagai komponen/komunitas dalam masyarakat,” kata Juaini Taofik.

Juaini menjelaskan potensi tersebut mulai dari kelautan dan petambak garam di Lombok bagian selatan, pertanian tanaman pangan, perikanan budidaya dan hortikultura, kerajinan dan seni budaya serta kearifan lokal lainnya di bagian tengah dan dataran tinggi dan pegunungan di bagian utara. “Jika semuanya dikelola dengan manajemen yang baik maka, nilai kemanfaatannya bisa dirasakan secara berkelanjutan,” terangnya.

Mengemuka juga dalam acara diskusi yaitu adanya penyampaian pandangan ataupun pengalaman dari para peserta. Beberapa antaranya dari pelaku wisata, awak media, pokdarwis, dan lainnya.

“Kita butuh adanya peta potensi wilayah pariwisata,” kata Royalti Sembahulun, Ketua Persatuan Pokdarwis Lotim. Senada disampaikan juga oleh Ketua Pokdarwis Desa Pohgading Timur, Asri

“Sekarang ini para guide dengan pengetahuan yang kadang tidak memadai, sehingga terjadi kesimpangsiuran informasi. Ini perlu adanya peta potensi destinasi wisata secara lengkap seperti halnya di destinasi wisata budaya dan religi,” kata Asri (Kus).

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.