A place where you need to follow for what happening in world cup

Lobar Canangkan Sekolah Hijau Nol Dedoro

28

Beginilah aplikasi Sekolah Hijau, Nol Dedoro
Lombok Barat, DS-Penanaman pohon di SMPN 2 Kuripan terus digalakkan, baik sebagai peneduh maupun fungsi penghijauan. Kegiatan ini dilakukan berbasis kemitraan. Adapun tanaman peneduh yang ditanam diantaranya nang

ka.

Sedangkan pohon peneduh tetapi berbuah manis yakni pepaya. Selain itu juga sekolah memanfaatkan lahan dengan tanaman apotek hidup misalnya kunyit, laos, daun sirih, dan lidah buaya.

Tanaman apotek hidup ini akan di kelola oleh siswa. Hasil dari tanaman tersebut, mitra sekolah sudah siap untuk membeli sebagai bentuk membangun kemitraan.


Semua j tanaman ini tersebar di beberapa titik di kawasan sekolah.


“Semoga tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan menjadi kenangan yang bermanfaat,” kata H. Karnean Kepala SMPN 2 Kuripan Senin.

Ia mengatakan sudah saatnya sekolah mengoleksi berbagai tanaman lokal dalam rangka menjaga dan melestarikan sumber daya lokal yang ada serta mendukung sekolah hijau, nol dedoro yang sedang digalakkan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat.


Dikatakannya, luas areal lahan penanaman pohon pepaya dan pohon nangka mencapai 15 are. Sedangkan luas areal apotek hidup sekitar 5 are. Penanaman pohon pepaya jenis California sebanyak 100 pohon dan pohon nangka sebanyak 25 pohon. Penanaman pohon ini, sekolah bekerjasama membangun kemitraan dengan tenaga profesional.


” Sekolah sedang mempersiapkan program sekolah adiwiyata mitra dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok barat.
Semoga ikhtiar ini mempercepat sekolah kami menjadi sekolah Adiwiyata dan yang lebih penting dari itu sekolah kami juga turut andil dalam memanfaatkan dan melestarikan fungsi lingkungan, “katanya.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid memberikan apresiasi terhadap sekolah yang menggalakkan penghijauan. Gerakan penghijauan ini melibatkan sekolah. Tujuannya untuk membangun kesadaran dan tanggungjawab pelestarian lingkungan hidup yang ramah, sehat, dan harmonis sekaligus bernilai ekonomi.


“Kita hijaukan Lombok Barat ini melalui sekokah hijau dan program pohon pengantin,”katanya.


Fauzan menambahkan pemerintah daerah mendukung program Pemprov NTB yakni Zero Waste dengan program Pemda Lobat yakni ijo Nol Dedoro. Ada dua makna yang subtansif. yakni ijo berarti hijau, nol dedoro berarti ketidaaan sampah. Hal ini merupakan gerakan bersama pemda dan masyarakat serta lingkungan sekolah.hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas