BSK Samawa

LKBN ANTARA Gelar Pelatihan Pelaku UMKM Di Lereng Rinjani Sembalun

Selong, DS- Sebagai tangungjawab sosial dan lingkungan, Perum LKBN ANTARA menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM kaki Gunung Rinjani Sembalun Lombok Timur, Senin (22/05/2023).

Pelatihan ini sebagai langkah meningkatkan strategi komunikasi bisnis dan standar penyajian produk UMKM.

“Kegiatan ini merupakan program dari Perum LKBN ANTARA untuk mendukung peningkatan pertumbuhan UMKM,” ungkap Sekretaris Perum LKBN ANTARA, Azhari.

Menurutnya, Perum LKBN ANTARA telah melaksanakan kegiatan serupa untuk ketiga kalinya di wilayah Sembalun. Tujuannya, meningkatkan peran dari LKBN membantu masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan produk maupun kesejahteraan masyarakat.

“Ini salah satu bentuk kepedulian ANTARA dengan melaksanakan program yang bisa memberikan andil besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, potensi alam di kawasan Sembalun ini sangat strategis. Lebih lagi, wilayah banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Potensi ini seperti Surga dari Allah SWT,”ucapnya.

Dengan potensi itu, para pelaku UMKM diharapkan bisa menyiapkan beragam produk UMKM seperti tenun dan olahan makanan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Rinjani, NTB pada umumnya.

LKBN ANTARA sebagai perusahaan BUMN memiliki tanggung jawab sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sinergitas LKBN ANTARA dengan pemerintah maupun masyarakat harus terus ditingkatkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi UMKM.

“Apa yang disampaikan narasumber ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Timur, M. Safwan mengatakan, Sembalun memang memiliki alam yang indah, sehingga bisa menjadi daya tarik peningkatan wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Potensi ini harus dikembangkan, Jagan sampai warga menjadi penonton,”ujarnya.

Kawasan Sembalun di kaki Gunung Rinjani ini tidak hanya terkenal dengan alam, namun hasil produksi alam seperti tanaman stroberi, kentang, wortel dan kopi menjadi salah satu unggulan dalam pengembangan UMKM.

Dia mengatakan pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan produk UMKM.

“Produk UMKM ini hanya dipasarkan di lokal, namun bisa menyasar pasar global. Program ini merupakan peluang bagi UMKM kita,”tutupnya.lr

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.