Menu

Mode Gelap

Pariwisata · 27 Des 2021 18:14 WITA ·

Libur Nataru Okupansi Hotel di Senggigi meningkat


					Libur Nataru Okupansi Hotel di Senggigi meningkat Perbesar

FOTO. Sejumlah wisatawan tengah menikmati kolam renang di Hotel Puri Saron, Senggigi, Lobar saat Libur Nataru. (FOTO.rul)

LOBAR, DS – Selama Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tingkat okupansi hotel di kawasan Pantai Senggigi, Lombok Barat (Lobar) cenderung meningkat. Hal ini terlihat di salah satu hotel yang kerap menjadi incaran pengunjung saat berlibur di kawasan Pantai Senggigi, yakni Hotel Puri Saron.

“Memasuki bulan Desember hingga akhir 2021, tingkat kunjungan mulai naik sekitar 72 persen dari November yang mencapai sekitar 55 persen” kata Manager Operasi Hotel Puri Saron, Ni Made Orti pada wartawan, Senin (27/12).

Menurutnya, meski pemerintah telah menerapkan PPKM Level 3 selama libur Nataru tahun ini, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap angka kunjungan.

Pasalnya, sebagian Pulau Lombok, khususnya kawasan Senggigi di Kabupaten Lobar, masuk katagori level 1 PPKM di NTB.

Akibatnya, minat masyarakat untuk liburan dan bersilaturahmi dengan keluarga, terlihat naik signifikan.

”Kenaikannya mungkin karena masyarakat ingin menghabiskan waktu untuk liburan atau menjenguk keluarga dan kerabat di Lombok. Ini karena, kebanyakan tamu yang menginap mayoritas adalah wisatawan domestik,” ujar Made Orti.

Ia mendaku, kenaikan okupansi hotel terjadi sejak 3 bulan terakhir, diperkirakan kenaikan ini disebabkan oleh cakupan vaksinasi yang lebih baik dan kebijakan pendisiplinan protokol kesehatan yang semakin gencar.

“Untuk PPKM pengaruhnya sangat besar, ekonomi di Lombok mulai membaik karena cakupan vaksinasi pun semakin baik. Apalagi, sebentar lagi, NTB khususnya di kawasan Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah akan menjadi tuan rumah even dunia, yakni MotoGP tahun 2022. Maka, tentunya, kawasan penyangga, seperti Lobar dan Kota Mataram juga kebagian adanya tamu yang datang,” jelas Made Orti.

Ia memastikan, baik pengunjung maupun karyawan semuanya sudah divaksin lengkap, karena sebelum check in pengunjung melakukan scan barcode di Aplikasi PeduliLindungi.

“Semenjak WSBK, memang grafik wisatawan cenderung naik. Bahkan, hotel kami saat MotoGP pada Maret 2022 juga sudah banyak menerima bokingan wisatawan dari berbagai daerah. Semoga momentum kebangkitan pariwisata NTB bisa tetap terjaga hingga selanjutnya,” tandas Ni Made Orti. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sport Tourism Jalan, Mandalika Terus Menjadi Tuan Rumah Event Otomotif Bergengsi Dunia

13 Mei 2022 - 17:46 WITA

Kadis Yusron Klaim Wisatawan Meningkat ke NTB Selama Libur Lebaran Idul Fitri

10 Mei 2022 - 17:00 WITA

Pilih Tak Jauh Libur Lebaran, Warga Mataram Nikmati Kawasan Pantai Ampenan

7 Mei 2022 - 16:52 WITA

Sirkuit Mandalika jadi Favorit Wisatawan di Libur Lebaran

6 Mei 2022 - 17:35 WITA

Pariwisata NTB Butuh Inovasi PascaMotoGP, Aktifis Pemuda Sayangkan Curhat Kadispar Curhat Soal Dana

9 April 2022 - 14:23 WITA

Ketimbang GOR Mini, Pemkot Lebih Baik Optimalkan Waterpark Mataram

5 April 2022 - 20:15 WITA

Trending di Pariwisata