Berbagi Berita Merangkai Cerita

Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Danrem Minta Jajaran TNI Tetap Stand by

0 7

MATARAM, DS – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani meminta jajarannya untuk bersama aparat kepolisian menjaga keamanan masyarakat pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru di NTB. Dia meminta para personel walaupun libur bersama tetap stand by on call (siaga) untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Khusus libur bersama Natal dan tahun baru agar diatur dengan baik, sehingga jika dibutuhkan setiap saat, personel sudah siap untuk digerakkan,” ujar Danrem saat menjadi Inspektur Upacara di di Lapangan Yonif 742/SWY Gebang Mataram, Senin (23/12).

Danrem meminta jajarannya agar tetap menjaga kesehatan selama menjaga keamanan pelaksanaan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. Selain itu, ia mengingatkan untuk memperhatikan faktor keamanan selama melaksanakan setiap kegiatan.

Kata Danrem, cuaca yang lumayan ekstrem seperti hujan disertai angin puting beliung dan petir yang mengakibatkan banjir, tanah longsor, rumah rusak dan pohon tumbang. “Perhatikan keamanan rumah dari korselting arus pendek listrik, jaga kebersihan lingkungan dan kesehatan,” tegas Rizal.

TNI di Siagakan

Sementara itu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menerjunkan sebanyak 17.190 personel untuk mendukung pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di seluruh wilayah Indonesia.

“Dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2010, kami dapat merujuk pada pengamanan tahun 2018,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melalui pernyataan tertulis yang diterima wartawan. Dari pengalaman pengamanan tahun lalu, kata dia, masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

Panglima TNI berharap setiap pihak dapat berbagi informasi agar dapat mengantisipasi dan saling mendukung agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Dua momentum penting tersebut, yakni Natal dan tahun baru, kata dia, tentunya akan melibatkan pergerakan masyarakat dan kendaraan dalam jumlah cukup besar.

“Dibutuhkan pelayanan publik di wilayah-wilayah di setiap tempat dan tentunya jaminan keamanan yang prima,” katanya. Dengan demikian, kata Hadi, seharusnya semua pihak mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

“Selanjutnya, tiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi, dan bertukar informasi,” katanya menjelaskan.

Selain itu, kata Hadi, harus dipedomani bersama bahwa langkah pengamanan tidak hanya mengamankan masyarakat, tetapi juga mengamankan petugas-petugas yang ditempatkan di lapangan.

“Apabila ada yang melihat sesuatu yang mencurigakan segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait,” katanya.

Hadi menegaskan bahwa TNI siap memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki satuan-satuan di tiap-tiap wilayah untuk suksesnya perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. RUL.

Leave A Reply