Lebat Berbuah di Pot, Ini Manfaat Kesehatan Apel Putsa

Apel Putsa

Apel Putsa adalah tanaman sejenis apel yang berasal dari India. Oleh sebab itu Putsa juga dikenal sebagai Apel India. Buahnya berukuran sedang dengan warna hijau muda dan berubah menjadi kekuning-kuningan jika buah itu sudah matang. Rasa buahnya manis dan renyah.
Namun, sebagian orang masih sulit membedakan pohon bidara dengan pohon putsa lantaran memiliki ciri fisik yang hampir serupa.

Tanaman bidara berasal dari Asia Tengah yang kemudian menyebar hingga ke Semenanjung Malaya. Buah bidara memiliki rasa yang agak masam sehingga pada umumnya tidak dikonsumsi secara langsung melainkan diolah terlebih dahulu menjadi produk makanan.

Sedangkan apel putsa bentuknya seperti tomat berwarna hijau dengan tekstur kulit yang halus dengan ukuran lebih kecil dibanding apel biasanya. Kelebian Apel India ini yakni frekwensi dalam berbuah yang terus-menerus dan tidak mengenal musim alias dapat berbuah sepanjang masa walau ditanam di dalam pot.

Selain buahnya, kedua tanaman ini juga memiliki perbedaan pada bagian daun dan rantngnya. Daun bidara berbentuk oval atau bulat telur dengan warna hijau tua mengkilap di bagian permukaannya. Sedangkan Apel Putsa tidak memiliki banyak duri.

Lantas apa manfaat apel putsa bagi kesehatan sehingga perlu mewarnai halaman rumah dengan tanaman ini?

Dikutip dari laman manfaat.id, mannfaat Buah Apel Putsa bagi kesehatan meliputi :
1. Menjaga Kesehatan Tulang
Jika anda ingin menjaga kesehatan tulang agar tidak mengalami gangguan seperti osteoporosis dini, rematik dan nyeri, anda bisa mengkonsumsi buah apel India secara berkala. Hal ini karena buah apel ini memiliki kandungan fosfor yang sangat baik bagi kesehatan tulang anda.

  1. Mengatasi Asma
    Bagi anda yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma dan ISPA, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi apel India secara langsung ataupun mengolahnya menjadi minuman.
  2. Mencegah Kanker Usus, Kanker Paru-paru, Kanker Hati, Kanker Payudara,
    Hal ini disebabkan Apel India memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal zat radikal bebas yang dapat merusak sel- sel dari dalam tubuh. Kandungan vlavanoid pada apel dapat mencegah berbagai macam kanker. Dengan mengkonsumsinya setiap pagi, anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker.

  3. Mengatasi Diabetes
    Dengan mengkonsumsi apel India sebanyak satu buah setiap harinya mampu mengatasi penyakit dan mengah diabetes.

  4. Mengatasi Kolesterol
    Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh sebagian besar orang di atas umur 19 tahun. Kolesterol merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya, kolesterol dapat memicu beberapa macam penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung. Ternyata, hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah apel India.

6.Membakar Lemak
Bagi anda yang sedang menjalani program diet, anda bisa mengkonsumsi apel India untuk menunjang program diet anda. Hal ini karena dengan mengkonsumsinya anda lemak yang menumpuk di tubuh anda akan terbakar dengan lebih efektif.

7.Mengencangkan Kulit
Bagi sebagian besar wanita, memiliki kulit yang kencang merupakan salah satu idaman. Di usia yang sudah menginjak lebih dari 20 tahun dengan memiliki kulit kencang, anda akan terlihat lebih awet muda. Dengan mengkonsumsi apel India secara teratur, anda bisa mewujudkan hal tersebut. Ian, berbagai sumber

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.