Menu

Mode Gelap

Lombok Timur · 28 Sep 2022 18:08 WITA ·

Layanan Gratis KB di Apitaik


					Layanan kesehatan gratis di Apitaik. Perbesar

Layanan kesehatan gratis di Apitaik.

SELONG, DS – Bertempat di Polindes Desa Apitaik, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), berlangsung program layanan gratis Konsultasi KB dan Pemeriksaan Inpeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk mengetahui gejala dini Kanker Leher Rahim. Layanan ini bagi Ibu Rumah Tangga umur 20 – 50 tahun.

PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana) Desa Apitaik, Nurminah Ismi, mengatakan ada beberapa jenis alat kontrasepsi KB yaitu : Suntikan, Implan, IUD, Kondom, dan Pil. “Untuk suntikan ada yang jangka waktu hingga 3 bulan, Implan 3 tahun, IUD 8 tahun, Pil tiap ingin berhubungan suami istri, pun demikian dengan Kondom tiap ingin berhubungan suami istri,” kata Nurminah, Selasa (27/09/2022). Menurutnya, kegiatan layanan ini disambut baik oleh masyarakat.

Menurut Nurminah, peminat masyarakat Desa Apitaik sebagai wilayah kerjanya menunjukkan kepedulian yang cukup terkait dengan permasalahan KB. Dalam kegiatan layanan yang merupakan kerjasama antara pihak BKKBN dan Puskesmas (Batuyang) itu, setidaknya puluhan ibu rumah tangga yang datang di Polindes. “Alhamdulillah jumlahnya dapat mencapai 50 orang yang memanfaatkan program layanan ini. Ada suntikan, Implan, IUD, Kondom, dan PIL,” lanjutnya.

Nurminah berharap kegiatan ini bisa mewujudkan IRT yang sehat, terencana dan produktif dalam menjalani aktifitas dan tanggung jawabnya. Dengan demikian, mengikuti program KB merupakan hal yang sangat membantu dalam rumah tangga.

“Semoga para ITR yang nengikuti program KB, ke depan menjadi Ibu Rumah yang mandiri dan produktif,” harap Nurminah.

Husniah, Bidan dari Puskesnas Batuyang menyampaikan program layanan gratis tentang KB ini secara terjadwal dilakukan dalam kurun waktu satu tahun berjalan. Terdapat 11 Desa (dari 15 Desa) yang menjadi binaannya, termasuk satu antaranya Desa Apitaik.

“Para Ibu Rumah Tangga ini ditensi dulu (diperiksa dulu tekanan darahnya) untuk menentukan alat kontrasepsi yang cocok baginya; apakah suntikan, ataukah yang lainnya. Selanjutnya yang melakukan pemasangan alat Kontrasepsi KB adalah Ibu dokter Puskesmas yang senantiasa kami dampingi saat nenjalankan program ini di 11 Desa binaan Puskesmas Batuyang,” kata Husniah.

Sementara itu, dokter Roro mengatakan pihaknya hanya sebagai petugas yang menjalankan program BKKBN dengan pihak Puskesmas (Batuyang). Kahusus untuk pemeriksaan IVA hasilnya masih dalam proses.

“Layanan gratis KB ini merupakan program rutin di setiap Desa binaan yang dijadwalkan dalam kurun waktu satu tahun secara bergantian. Sedangkan untuk pemeriksaan IVA hasil dalam proses, menyusul, ya,” katanya (Kusmiardi).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bale Mediasi Lotim Menarik Perhattian Banjarmasin

29 November 2022 - 17:22 WITA

Sekda Lotim Ingatkan Gencarkan Sosialisasi Perdes

28 November 2022 - 20:33 WITA

Nota Kesepakatan KUA PPAS 2023 Ditandatangani

28 November 2022 - 16:04 WITA

Hari Guru di Lotim Membuat Ribuan Warga Tumpah Ikuti Jalan Sehat

28 November 2022 - 07:09 WITA

STQ Kecamatan Aikmel Digelar Akhir November

25 November 2022 - 16:22 WITA

Ini Pesan Sukiman Azmy kepada Wisudawan STIT Palapa Nusantara

24 November 2022 - 20:45 WITA

Trending di Lombok Timur