Berbagi Berita Merangkai Cerita

Launching Sekolah Sehat, Wagub NTB Minta Tanamkan Mindset Cinta Lingkungan Pada Siswa

12

Wagub NTB pada acara Launching Sekolah Sehat SMANSA Mataram

Mataram,DS – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djallah melaunching sekolah sehat di SMAN 1 Mataram dan berharap agar mindset cinta lingkungan pada siswa benar – benar ditanamkan selama masa sekolah.

“Kita harus betul – betul menanamkan edukasi mencintai lingkungan pada level mereka sebelum masuk Universitas. Sehingga anak anak Indonesia, anak – anak NTB mindset tentang lingkungannya sudah benar,” kata Wagub NTB pada acara Launching Sekolah Sehat SMANSA Mataram, Sabtu (15/1).

Wagub NTB yang biasa disapa Ummi Rohmi ini juga menekankan, bahwa Net-Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 di Indonesia harus dapat tercapai, dampak gas karbon dapat menggangu lingkungan sekitar.

“Kita tahu betapa gas karbon sangat mengganggu kehidupan kita, dengan banyaknya gas karbon, akhirnya sinar matahari yang turun tidak semua bisa dipantulkan tetapi harus diserap dengan bumi, akhirnya terjadilah pemanasan global , hal ini bahaya betul kalau kita biarkan,” tutur Ummi Rohmi.

Sebagai alumni Smansa Mataram, Ummi Rohmi juga menceritakan masa lalu, mengambil jurusan teknik kimia di Institut Teknologi Surabaya (ITS) tidak luput dari peran seorang guru kimia yang mengajari dengan tulus, menyenangkan dan sangat enak.

“Guru yang menyenangkan, enak dan membuat kita mempelajari kimia sebagai sesuatu yang menyenangkan akhirnya saya bisa masuk teknik kimia di ITS,” cerita Ummi Rohmi.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd menjelaskan, terkait kebijakan dari Dikud yaitu jejak Alumni dan One Shot : One Student One Tree

“Jadi satu murid akan meninggalkanbjejak satu pohon disetiap sekolah yang nantinya kami khususkan kepada anak yang akan tamat pada bulan April. Nanti kita akan kerjasama dengan LHK dan kita akan hijaukan NTB,” jelas Kadis Dikbud NTB.

Kepala Sekolah SMAN 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd mengatakan, bahwa tekad dan komitmen bersama bahwa untuk sekolah sehat memang layak harus dijaga dan dilestarikan.

“SMANSA Mataram harus bisa kita hijaukan dan bisa dibuktikan dengan banyaknya tanaman yang ada disini,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Wagub NTB juga memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi tingkat nasional. diantara kepada Aurellia Sehrlina Siswanto, Baiq Shafira Salsabila, Izza Namira Atalia, Natasya Hadiatullah Buhari, Anisa Az-Zahra Salsabila, Reza Anggi Dwiputra, Audi Septiani Maura, Lentera Biru, Putri Namira Rifqah Maritza, Muhammad Ramizafiq Naufal Hakim dan Haris Raynor.kmf

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.