A place where you need to follow for what happening in world cup

Larang Mudik, PKS Minta Pemerintah Lakukan Pengawasan Ketat

32

FOTO. Suryadi Jaya Purnama. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS -Pemerintah akhrnya melarang mudik pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Larangan ini berlaku untuk semua orang yakni ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat.

Langkah ini dimaksudkan agar upaya vaksinasi yang sedang dilakukan bisa menghasilkan kondisi kesehatan yang semaksimal mungkin sesuai yang diharapkan.

Mengingat, program vaksinasi akan selesai pada tahun 2022. Sehingga, sebelum program ini selesai segala upaya untuk mencegah penularan harus tetap dilakukan.

Pelarangan mudik ini juga telah dilakukan pada tahun lalu dengan pertimbangan bahwa di daerah kondisi masyarakatnya sangat guyub, sehingga kadang-kadang satu rumah dihuni berapa keluarga yang beresiko menularkan.

Kemudian, fasilitas kesehatan di daerah juga tidak cukup memadai untuk melakukan penanganan. Oleh sebab itu, dengan pertimbangan tersebut PKS mendukung larangan mudik Pemerintah. Namun PKS juga mengharapkan agar pengawasan larangan mudik ini diperketat.

Sebab, fokus utama dari larangan ini bukan membatasi pergerakan barang, tapi membatasi pergerakan orang yang menyebabkan penukaran virus, sehingga perlu ketat dalam implementasi dan pengawasan protokol kesehatan.

“Pengawasan yang ketat ini harus dilakukan di setiap wilayah agar jangan sampai terjadi lagi adanya fenomena truk yang menyelundupkan pemudik yang marak pada mudik Lebaran tahun 2020,” kata Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama dalam siaran tertulisnya, Minggu (28/3).

Politisi asal Lombok Timur itu mengatakan, kontroversi perbedaan antara larangan mudik dengan pulang kampung jangan ada lagi.

PKS meminta Pemerintah tegas dengan tidak membedakan antara mudik dengan pulang kampung. “Ingat, kedua hal tersebut sama-sama dapat menyebabkan terjadinya penyebaran wabah Covid19 di daerah,” ujar Suryadi. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas