Berbagi Berita Merangkai Cerita

Laporan Pelanggaran Pilkada Ditindaklanjuti Bawaslu

85

FOTO. Hasan Basri. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Mataram akan menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilihan kepala daerah. Dugaan pelanggaran itu dilaporkan sejumlah tim pemenangan pasangan calon (Paslon) dan sejumlah masyarakat terhadap salah satu paslon dan keterlibatan ASN di Pilkada.

Bahkan, dalam aduan kepala lingkungan juga terlibat dalam laporan dugaan keterlibatan mereka.

Ketua Bawaslu Kota Mataram Hasan Basri mengatakan, setiap laporan yang masuk akan ditindaklanjuti. ”Termasuk laporan dari tim pemenangan paslon Selly-Manan (Salam) dan masyarakat juga akan kami tindak lanjuti,” kata Hasan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (18/12).

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah melakukan klarifikasi terhadap para pelapor. Bahkan, hari ini, pihaknya telah memanggil klarifikasi terkait pelanggaran salah satu calon yang dimaksud, serta aparat lingkungan dan dugaan keterlibatan ASN di lingkup Pemkot Mataram.

“Sudah ada beberapa laporan yang sudah kami tindak lanjuti sebelum ada laporan masuk dan sebagian ada yang baru dilaporkan. Dan hari ini, sudah ada pelapor yang kita jadwalkan klarifikasi,” ujar Hasan Basri.

Dia menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan barang bukti tersebut, akan diplenokan bersama dengan Gakkumdu untuk menentukan pelanggaran apa yang sudah dilakukan.

“Intinya tidak boleh ada yang menghalangi atau menafsirkan bahwa tidak boleh gugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Artinya, semua paslon berhak untuk ajukan gugatan ke MK,” ungkap Hasan Basri.

Ia mengucapkan terima kasih atas pertisipasi semua pihak, termasuk paslon terkait pelaksanaan pilkada di Kota Mataram. “Insya Allah, semua laporan terkait dugaan pelanggaran pasti akan kami tindak lanjuti,” tandas Hasan Basri. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.