Berbagi Berita Merangkai Cerita

Langgar Aturan, Bawaslu Copot Belasan APK Paslon Cakada Mataram

25

FOTO. Inilah sejumlah APK paslon di Pilkada Mataram yang ditertibkan oleh aparat Bawaslu setempat di sejumlah wilayh di Mataram, kemarin. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Bawaslu Kota Mataram dan Tim Gabungan Pol PP, Polres, Kodim dan sejumlah instansi lainnya kembali menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di sejumlah titik di wilayah Kota Mataram.

Ketua Bawaslu Kota Mataram Hasan Basri menjelaskan penertiban ratusan APK tersebut, lantaran menyalahi aturan UU 10 tahun 2020 dan SK KPU Kota Mataram.

Sebab, pemasangan APK justru dipasang atau disebar ditempat yang dilarang. Diantaranya, di pepohonan, tiang listrik, tiang telpon, tempat ibadah dan tempat pendidikan.

“Jadi, karena menyalahi aturan pemasangannya, maka petugas kami menertibkan di lapangan,” kata Hasan dalam pesan whatsappnya, Senin (26/10).

Terkait APK yang ditertibkan itu. Menurut Hasan pihaknya telah langsung merekomendasikan pada KPUD Kota Mataram guna selanjutnya di teruskan kepada calon.

“1×24 jam calom tidak menurunkan maka tim terpadu penertiban APK dan BK Pemkot Mataram yang menertibkan,” ujarnya.

Hasan berharap kepada semua paslon di Pilkada Mataram untuk taat terhadap aturan dalam pilkada. Mengingat, aturan itu tidak hanya sebatas pada tahapan kampanye. Namun pemasangan alat peraga dan bahan kampanye juga harus di perhatikan.

“Jika semua elemen ini secara sadar dan penuh tanggung jawab mentaati aturan main dalam pilkada maka insya allah pilkada Kota Mataram akan berjalan dengan aman, kondusif, sehat dan demokratis,” tandasnya. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.