Berbagi Berita Merangkai Cerita

Kwalitas dan Standarisasi UMKM NTB jadi Fokus Disdag NTB

0 13

MATARAM, DS – Dinas Perdagangan (Disdag) NTB akan fokus meningkatkan kwalitas produk yang dihasilkan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Disdag bakal menggandeng DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) NTB melakukan pelatihan proses standarisasi produk sekaligus membantu kelancaran perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT) agar produk yang dihasilkan memiliki kemudahan dalam label halal sesuai standar MUI.

“Fokus yang akan kami kejar adalah mencegah jangan lagi adanya pelabelan halal UMKM didapat dengan membrowsing internet. Makanya, kita ajak Perwira NTB, salah satunya untuk membantu pelatihan proses dan kelancaran standarisasi UMKM di NTB kedepannya,” ujar Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani di sela-sela kegiatan ‘Jalan Sehat dan Launching BUMMas’ yang berlangsung di Taman Sangkareang, Kota Mataram, Minggu (9/2).

Menurut  Selly, UMKM memang menjadi sorotan karena mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Oleh karena itu, pihaknya ingin ikut membantu mengurai permasalahan yang saat ini masih dihadapi oleh sektor tersebut, salah satunya standarisasi produknya

“Intinya, saya ingin semua yang kita lakukan itu tidak lain agar UMKM di NTB dan khususnya di Kota Mataram, naik kelas dan berdaya saing. Makanya, sejumlah pihak terkait kita gandeng untuk membantu para UMKM itu,” kata dia.

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah menjajaki kerja sama dengan fintech yang fokusnya di UMKM. “Bagaimana UMKM ini bisa mengakses permodalan tanpa jaminan dengan mengakses fintech tersebut. Dalam hal ini hubungan bilateral yang menjadi jaminan,” katanya.

Kedepan pihaknya akan lebih banyak fokus menciptakan daya saing UMKM di NTB. Sebab, saat ini, wirausaha di Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain. Oleh karena itu, seluruh pihak perlu mengejar ketertinggalan tersebut.

“Hanya dengan peningkatan mutu dan standar UMKM, maka UMKM kita bisa naik kelas menimal bisa menjadi tuan di rumahnya sendiri,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengaku, mengetensi kerja cepat dan cerdas yang dilakukan Disadag NTB dengan menggandeng stake holder terkait. Salah satunya, DPD Perwira NTB untuk mengingkatkan kualitas dan standarisasi produk-produk UMKM kedepannya.

“Saya mengapresiasi atas terselenggaranya giat ini. Selain sebagai penggairah dari produk-produk UKM. Upaya Disdag bersama Perwira juga akan bisa menjadi cikal bakal penggairah perekonomian di Kota Mataram kedepannya,” tandas Niken. rul.

Leave A Reply