BSK Samawa

Kuliah Umum FH Universitas Islam Al-Azhar Mataram Hadirkan Ahli Pidana dan Manager Telkomsel

Mataram, DS-Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Al-Azhar Mataram menggelar kuliah umum yang bertema Perlindungan Data Pribadi Dalam Era Digital.
Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Akademisi Universitas Mataram Dr. Ufran, SH.,MH dan Kurnia Budi Setiawan selaku Manager – Mobile Consumer Branch Telkomsel Mataram.

Hadir Ketua Senat Akademik Universitas Islam Al-Azhar, Wakil Rektor 1, Dekan FH, Dekan FE dan FT, Kaprodi dan dosen serta 75 orang mahasiswa.

Ketua Panitia, Dhina Megayati, SH., MH., menyampaikan tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya perlindungan data pribadi di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital.

“Di era disrupsi digital, perlindungan data pribadi menjadi semakin penting seiring dengan meningkatnya penggunaan telepon seluler dan layanan digital lainnya,” ujar Dina.

Ketentuan mengenai penyelenggara jasa telekomunikasi yang mensyaratkan adanya aktivasi Subscriber Module Card (SIM card) menggunakan data pribadi membuat urgensi perlindungan hukum atas data pribadi pengguna SIM card telepon seluler semakin tinggi.

Dari Perspektif Akademisi, DR. Ufran, memaparkan di era digital, data pribadi menjadi sangat rentan terhadap penyalahgunaan. “Perlindungan hukum yang ketat harus diberlakukan untuk melindungi data pribadi pengguna dari potensi kejahatan siber,” tegas Dr. Ufran

Kurnia Budi Setiawan, Manager Mobile Consumer Branch Telkomsel Mataram, memberikan wawasan dari perspektif penyedia jasa komunikasi. Ia menjelaskan langkah-langkah yang diambil Telkomsel untuk menjaga kerahasiaan data pelanggan. Penyalahgunaan data registrasi yang digunakan oleh outlet karena banyak kasus yang terjadi dimana pelanggan menggunakan nomornya tanpa mengetahui dan atau tanpa disadari bukan menggunakan data diri pribadi (NIK dan Nomor KK)

“Telkomsel berkomitmen untuk melindungi data pribadi pengguna melalui teknologi keamanan terbaru dan kebijakan privasi yang ketat,” ujar Kurnia.

Menurut Dhina Megawati SH,MH., kegiatan kuliah umum ini merupakan salah satu implementasi kerja sama antara PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dengan Fakultas Hukum Unizar serta sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi terhadap perkembangan hukum dan kebutuhan hukum di masyarakat khususnya mahasiswa.

“Sumbangsih pemikiran dalam kegiatan ini menjadi utama dalam rangka pembangunan kesadaran hukum bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia, khususnya di NTB,” katanya. yedo

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.