Berbagi Berita Merangkai Cerita

KPU Target Verifikasi Faktual Partai Berkarya dan Partai Garuda Tuntas 12 Januari

0 13

MATARAM, DS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB terus merampungkan verifikasi faktual terhadap dua parpol  yang diperintahkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk dilakukan verifikasi administrasi ulang, masing-masing Partai Garuda dan Partai Berkarya. Direncanakan, verifikasi kepengurusan dan keanggotan partai peserta pemilu yang dimulai sejak tanggal 31 Desember 2017 itu akan  tuntas  12 Januari 2018.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Anshori SP, mengatakan verifikasi administrasi  difokuskan pada pengecekan SK kepengurusan asli, yakni ketua, sekretaris dan bendahara. Dua parpol itu harus dapat menunjukkan KTA parpol serta KTP elektronik mereka. Selain itu, kepengurusan 30 persen perempuan dari parpol harus juga bisa dihadirkan.

“Termasuk, domisili kantor parpol yang diketahui oleh camat/lurah dan status kepemilikannya apakah sewa/pinjam atau milik sendiri harus dibuatkan surat pernyataanya sesuai klausul F4 hingga selesainya tahapan pemilu 2019,” ujar Aksar menjawab wartawan, Senin (1/1).

Ia mengatakan, proses verifikasi yang dilakukan pihaknya dan KPU kabupaten/kota hingga kini belum pada taraf kesimpulan apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Sebab, keputusan akhirnya akan diketahui pada 12 Januari secara keseluruhannya.

Hal itu, kata Aksar, pihak KPU kabupaten/kota harus melakukan sampling guna mendatangi satu persatu anggota parpol yang masuk pada daftar kepengurusan parpol yang telah terdaftar di sistem KPU RI.

“Jadi, ini butuh waktu, tidak bisa dipatok harus hari ini, karena setiap daerah tentu punya cara masing-masing. Tapi, kalau target jadwalnya sudah jelas pada 12 Januari harus sudah selesai seluruhnya,” kata dia.

Terkait, Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kini mengikuti tahapan perbaikan, lantaran kebenaran domisili kantor mereka pada verifikasi faktual tanggal 15-21 Desember 2017 menunjukkan keduanya belum memenuhi syarat terkait kebenaran domisili kantor.

Aksar menuturkan, saat ini pihaknya tengah merampungkan hasil verifikasi ulang perbaikan terhadap Perindo dan PSI. “Yang jelas kami sudah mendatangi kedua kantor parpol itu, dan berdiskusi dengan para pengurusnya. Nanti, finalnya tanggal 4 Januari akan kita tahu apakah Perindo dan PSI memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu tahun 2019,” jelasnya.fahrul