Berbagi Berita Merangkai Cerita

KPU NTB Sudah Laporkan Surat Suara Rusak Pemilu ke KPU RI

0 19

MATARAM, DS – Ketua KPU NTB, Suhardi Soud mengatakan berbagai upaya dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu di wilayah NTB telah dilakukan secara maksimal. Terpantau,  kebutuhan logistik, berupa surat suara sudah mulai terkirim ke KPU kabupaten/kota di NTB. Meski demikian, memang ada beberapa surat suara yang rusak dan harus ditambahkan.

“Kerusakan itu disebabkan oleh beberapa hal yakni warna yang tidak jelas, robek dan terkena tinta lain. Tapi jumlah surat suaranya hanya beberapa saja. Kalau detailnya saya lupa tapi enggak banyak kok,” ujar Suhardi menjawab wartawan, Jumat (5/4).

Ia mengatakan, hampir seluruh komisioner KPU Provinsi NTB turun melakukan monitoring dan pengawasan terkait distribusi logistik Pemilu 2019 di 10 kabupaten/kota di NTB.

Suhardi yang kini tengah berada di KPU Sumbawa guna memantau proses packing surat suara mengaku, pihaknya telah mengimbau seluruh KPU kabupaten/kota di NTB agar bersinergi dengan pihak aparat kepolisian di wilayahnya masing-masing.

“Termasuk, pihak KPU Sumbawa juga telah bersinergi dengan apart keamanan. Bahkan, kawan-kawan kepolisian juga ikut mengawal seperti tempat sortir. Intinya semua aman dan lancar,” kata dia seraya menambahkan, kerusakan surat suara sudah dilaporkan pihaknya ke KPU RI. Direncanakan, dalam waktu dekat ini akan ada penggantian terhadap  kertas suara yang warnanya tidak jelas, robek dan terkena tinta lain tersebut.

“Kita pastikan, sebelum pelaksanaan pencoblosan penggatian surat suara itu sudah dilakukan, selanjutnya akan didistribusikan ke TPS,” tandasnya. RUL.

Leave A Reply