KPU Lombok Timur Pastikan Aplikasi Sirekap Aman

Selong,DS – Komisi Pemilihan Umum (Pemilu) Kabupaten Lombok Timur mengklaim pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lancar di semua titik Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Komisioner KPU Lombok Timur, Muliyadi, mengatakan para petugas telah dilatih untuk pengoperasian aplikasi itu dan dipastikan akan berjalan lancar saat Pemilu karena semua titik TPS sudah didukung akses internet.

“Kalau Sirekap tidak ada kendala, semua ada sinyal internet,”tandasnya, Senin (12/02/2024)

Namun menurut pengamatan wartawan media ini, masih terdapat sejumlah desa yang masih mengalami kesulitan sinyal di wilayah Lombok Timur. Salah satunya adalah Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun.

Panitia pemilihan di desa itu mengatakan kesulitan mendapat sinyal internet di desa sehingga disiasati dengan penggunaan jaringan nirkabel WiFi.

“Sudah aman, pakai WiFi,” kata salah seorang panitia yang menolak disebut namanya.

Aplikasi Sirekap sendiri merupakan sistem perhitungan baru yang digunakan KPU untuk menggantikan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Sirekap ditujukan untuk mempermudah kerja penyelenggara menjadi lebih efektif dan efisien, serta mampu menyajikan informasi secara cepat dan akurat dalam proses penghitungan perolehan suara di setiap tingkatan.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.