BSK Samawa

KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Simulasi pemilu

Selong,DS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur menggelar simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Halaman Kantor PMI Lombok Timur, Minggu (04/02/2024).

Simulasi diikuti ratusan warga dari TPS 06 Kelurahan Majidi Kecamatan Selong. Ada 260 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS Ini.

Sejak TPS dibuka pukul 07.00 Wita, warga antre menyalurkan hak pilihnya. Satu persatu warga menyerahkan undangan pemilu ke petugas dan mencoblos 5 surat suara.

Diantara ratusan pemilih, puluhan pemilih pemula juga antausias mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini.

“Kita lebih paham bagaimana cara kita mencoblos dan seperti apa tahapannya”, ucap salah seorang pemilih pemula, Ismi.

” Semoga pemilu berjalan lancar, pemerintahan kita selanjutnya bisa lebih baik dan bersih. “, tambah pemilih pemula lainya, Gina.

Plh Ketua KPU Lombok Timur Taharudin mengatakan simulasi ini merupakan tahapan dalam rangkan meningkatkan pemahaman para pemilih dalam mengikuti tahapan dan penghitungan suara.

“Kita harapkan juga simulasi ini bisa menjadi sarana pembelajaran bagi PPK, PPS dan pemilih bagaimana tata cara pemungutan suara pada 14 Februari nanti”, ujarnya.

Khusus bagi pemilih pemula, kata Tahar, pihaknya jauh hari telah melakukan sosialisasi ke sekolah maupun ke pondok pesantren untuk menjelaskan berbagai tahapan pemilu hingga pemungutan suara.

Usai pemunugutan suara, TPS ditutup pada pukul 13.00 Wita dan dilanjutkan dengan penghitungan suara.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.