Berbagi Berita Merangkai Cerita

Korem 162/WB Naik Status Menjadi Korem Type “A”

115

MATARAM, DS – Status Komando Resor Militer (Korem) 162/WB resmi naik menjadi tipe “A” atas berbagai pertimbangan baik dari segi pengembangan organisasi, semakin kompleksnya tantangan tugas yang dihadapi serta pekembangan Wilayah NTB.

Sebelumnya, Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Korem dari Tipe B ke Tipe A ditandatangani Presiden RI tanggal 11 September 2019 lalu dan diserahkan ke Mabes TNI.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, melalui Kapenrem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos, lewat rilisnya, Selasa (9/6) mala, menjelaskan, peningkatan tipe sejumlah Korem dan Kodim dilakukan berdasarkan Perpres Nomor 62/2016 tentang Susunan Organisasi TNI. Dalam Perpres ini sudah disebutkan jabatan-jabatan, seperti Komandan Korem, dimana Korem tipe “B” akan dinaikkan statusnya menjadi Korem tipe “A”. Restrukturisasi TNI ini akan tetap menjaga piramida struktural, termasuk terhadap kemungkinan penambahan jabatan fungsional tetap akan mempertahankan piramida itu.

Dan hari ini, lanjut Kapenrem, Sesuai tradisi yang berlaku di lingkungan TNI, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima laporan pelaksanaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi 84 Pati TNI terdiri dari 74 Pati TNI AD termasuk diantaranya Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H. M.Han., 3 Pati TNI AL dan 7 Pati TNI AU, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

“Pelaksanaan kenaikan pangkat 84 orang Pati TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1054/VI/2020 tanggal 3 Juni 2020. Tradisi laporan ini dikenal dengan istilah Laporan Korp Kenaikan Pangkat Pati TNI,” jelas Kapenrem.

“Dengan demikian, Korem 162/WB resmi dipimpin oleh Perwira Tinggi berpangkat Brigjen TNI atas dasar Validasi Organisasi Pejabat Danrem 162/WB saat sekarang Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos. SH. M.Han, masih menjadi pejabat Korem 162/WB yang sebelumnya masih berpangkat Pamen Kolonel,” pungkas Kapenrem.

Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdahani mengatakan, Keputusan Presiden (Keppres) terkait peningkatan tipe Korem 162/WB menjadi tipe “A” diserai harapan pimpinan agar dalam melaksanakan tugas lebih maksimal lagi sehingga bernilai lebih dari sebelumnya. “Hal ini menjadi Atensi sekaligus tantangan saya selaku Pejabat untuk memberikan yang terbaik kepada satuan, masyarakat, bangsa dan negara tercinta dalam melanjutkan Pengabdian di Korem 162/WB,” katanya.

Terkait perubahan struktur organisasi di tubuh Korem menjadi tipe “A” Danrem menjelaskan, pihak Korem akan meyesuaikan kepangkatan, kebutuhan personel dan persenjataan.

“Yang jelas peningkatan status korem 162/WB sudah resmi dijabat oleh seorang Perwira Tinggi berpangkat bintang satu atau Brigjen dan beberapa jabatan Kasi Korem akan dijabat Pamen berpangkat Kolonel, kalau untuk penambahan jumlah personel nanti itu secara teknis dibahas lagi,” tandas Danrem. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.