Berbagi Berita Merangkai Cerita

Koperasi & UMKM, Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi Daerah

0 9

MATARAM,DS-Pemerintah Provinsi NTB memiliki tekad besar memajukan sektor koperasi dan UMKM sebagai salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi di daerah. Selain menjadi pilar utama ekonomi rakyat, peran koperasi dan UMKM terbukti mampu menekan angka pengangguran, menciptakan lapangan kerja baru dan memberantas kemiskinan.

Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH, MSi, mengatakan, koperasi dan UMKM memiliki peran penting mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Syaratnya, koperasi dan UMKM harus benar-benar berkualitas. Oleh karena itu, anggota koperasi dan para pelaku UMKM perlu mendapat bimbingan dan pelatihan secara intens agar bisa maju dan lebih berkembang. Termasuk, diberikan kemudahan dalam akses permodalan.

“Dengan demikian maka ke depan di NTB akan lahir koperasi dan UMKM yang sehat dan berkualitas seperti yang kita harapkan,” ujar Wagub dalam acara Sinergi Program Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Pemerintah Provinsi NTB, di Hotel Golden Palace, Jum’at (12/5/2017).

Diakui wagub, pertumbuhan ekonomi NTB cukup tinggi. Pertumbuhannya, bahkan selalu di atas rata-rata nasional dengan tingkat pertumbuhan 5.82 persen. Menurut wagub, pertumbuhan ekonomi yang baik ini harus bisa menjadi spirit bagi pengembangan koperasi dan UMKM di daerah.

Di hadapan Menteri Koperasi dan UKM AA Gde Ngurah Puspayo, Wagub Muh. Amin mengingatkan seluruh anggota koperasi dan pelaku UMKM di NTB untuk memanfaatkan bimbingan dan pelatihan yang diberikan, sekaligus memanfaatkan kemudahan akses permodalan yang telah disiapkan pemerintah melalui sektor perbankan.

“Saya mengajak masyarakat khususnya Koperasi dan UMKM khususnya pemula, untuk memanfaatkan permodalan yang telah disediakan pemerintah melalui perbankan yang sudah ada. Mari kita manfaatkan momentum strategis kegiatan bimbingan teknis hari ini, sebagai ikhtiar kita bersama dalam memajukan Koperasi dan UMKM di NTB ini,” tutup Wagub.hms/r.rabbah

Leave A Reply