BSK Samawa

Konsolidasi Lombok Mercusuar Laskar Sasak Kokohkan Persatuan Untuk Pemilu Damai

Lombok Mercusuar Laskar Sasak berkumpul di Balai Desa Montong Baan Selatan

SELONG,DS – Ratusan tokoh adat, tokoh agama dari Lombok Mercusuar Laskar Sasak berkumpul di Balai Desa Montong Baan Selatan, Kecamatan Sikur Lombok Timur, Sabtu (09/12/2023) sore. Mereka berkumpul untuk melakukan konsolidasi sekaligus silaturrahmi dengan semua komponen dari anggota, pengurus, tokoh adat dan tokoh agama.

Para tokoh ini berkomitmen untuk terus merajut silaturrahmi dan persatuan dengan semua komponen bangsa. Lebih lagi, menjelang hajatan demokrasi pemilu 2024.

Pembina Laskar Sasak Wahyudi Adi Siswanto mengatakan justru saat kontestasi pada pemilu kerap memunculkan potensi konflik secara politik, Laskar Sasak harus menjadi pemersatu demi kepentingan bangsa.

“Jadi kita abaikan berbagai kepentingan itu dan kita utamakan kasih sayang dalam suasana silaturrahim,” ucapnya.

“Laskar Sasak harus menjadi pionir atau pengemuka dalam rangka mengantisipasi konflik akibat kontestasi politik itu,” tandas Wahyu yang saat ini menjabat sebagai Pj Pidie.

Lebih jauh, Mantan Kabinda NTB itu menjelaskan nilai persatuan dan kerukunan antar semua komponen itu selaras dengan luhur Sasak seperti Rudat. Karna itu, pada kegiatan ini ada istilah malam Rudat.

“Rudat itu singkatan dari Rukun, Damai dan Tentram,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BakesbangpoldagrI NTB, Ruslan Abdul Gani mengapresiasi kegiatan konsolidasi Lombok Mercusuar Laskar Sasak. Dia berharap konsolidasi ini semakin memperkokoh nilai persatuan.

Hal ini, kata Ruslan sangat erat dengan karakter dan nilai masyarakat Sasak yang mengedepankan nilai agama, adat dalam menciptakan kerukunan dan ketentraman di tengah masyarakat.

“Dengan konsolidasi ini kita harapkan warga Sasak, warga NTB bisa menguatkan stabilitas dan kondusifitas daerah kita lebih lagi menjelang pemilu ini,” imbuhnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.