BSK Samawa

Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju

Hari Bela Negara di Lotim.pkp

Selong, DS-Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke – 75 tahun 2023 pada Selasa (19/12), di Halaman Kanto Bupati. Upacara diikuti ASN, TNI, Polri dan dan berbagai unsur lainnya. Peringatan Hari Bela Negara tahun ini mengambil tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hadi Fathurrahman, sebagai inspektur upacara pada kesempatan tersebut membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Presiden mengingatkan agar menjadikan jiwa bela negara sebagai pilar utama menjadi tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Bela negara tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Sebab bela negara merupakan tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.

Disebutkan bahwa ancaman yang dihadapi tidak hanya ancaman fisik, tetapi juga yang tak kasat mata, seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi hingga krisis iklim yang membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

Bela negara juga tidak hanya terkait aspek militer tetapi juga merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI merupakan wujud konkrit Bela Negara.

Presiden pun mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.