BSK Samawa

Klaim Kematian Petani Tembakau di Lombok Timur Tembus 2,8 Miliar

Selong, DS- Kepala BPJS Ketenagakerjaan Lombok Timur, Halik A’yam, mengatakan tahun 2023, jumlah iuran dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) Rp 1,9 miliar. Sedangkan, jumlah klaim yang sudah dibayarkan tembus Rp 2,8 miliar.

“Sejauh ini, hampir setiap hari klaim kematian dari ahli waris petani tembakau. Selama kurun waktu 2024 ini saja sudah tujuh orang yang klaim kematian dengan nilai klaim Rp 42 juta per orang,”ucapnya, Jumat (24/5/2024).

Lebih jauh Syam menjelaskan, untuk tahun 2024 Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim telah mengalokasikan anggaran Rp 2,6 miliar  yang diberikan sebagai perlindungan sosial ke petani tembakau. Dari dana itu sebanyak 17.195 petani tembakau dan buruh industri tembakau dinyatakan sudah terlindungi.

Penyediaan anggaran itu , menurutnya, bagian dari keseriusan Pemda Lotim dalam memberikan jaminan keselamatan kerja bagi para petani dan buruh industri tembakau di daerah ini.

“Keseriusan Pemda Lotim ini juga yang mengantarkan daerah meraih penghargaan khusus dari pimpinan BPJamsostek, yakni Paritrana Award tingkat Provinsi kemarin,” ungkapnya.

Meski demikian, dia mengakui jika masih ada petani tembakau yang meninggal tahun 2023 belum melakukan klaim terhadap BPJamsosteknya.

Meski demikian, telatnya para petani dan buruh industri tembakau melakukan klaim tidak membuat haknya untuk sejumlah uang jaminan perlindungan kerjanya hilang. BPJamsostek tetap siap melayani para peserta yang datang melakukan pengklaiman.

Dia mengatakan, banyaknya para peserta yang belum melakukan klaim ini dikarena alasan malas mengurus akta kematian. “Meski begitu kami tetap akan melayani selama syarat lengkap, maka dipastikan cair,” tegasnya.

Lalu, apakah BPJamsostek tidak merugi dengan jumlah klaim  selama ini selalu lebih besar daripada iuran masuk? Syam menegaskan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan saat ini cukup banyak, lebih lagi pada sektor formal dan informal yang dinilai iurannya cukup besar hingga menyebabkan pembayaran jaminan kematian juga ikut besar.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.