Berbagi Berita Merangkai Cerita

Kinerja Dukcapil KLU jadi Barometer Daerah Lain

0 11

 

TANJUNG,DS-Rapat evaluasi capaian kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lombok Utara selama dua hari di Aula Sementara Kantor Bupati Lombok Utara, Kamis (17/1).

 

Di hadapan bupati, wakil bupati beserta Sekda setempat, masing-masing pimpinan OPD memaparkan capaian kinerja selama satu tahun. Salah satu OPD yang dinilai memiliki kinerja sangat memuaskan adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Inovasi dan capaian yang diperoleh mampu menyedot perhatian Pemerintah Pusat.

 

Salah satu capaian adalah berhasil menyelesaikan program perekaman langsung dan percetakan langsung e-KTP ke sekolah-sekolah. Selain itu, pelayanan yang diberikan Dukcapil kepada masyarakat sangat memuaskan. 

 

“Hanya Dinas Dukcapil memiliki kinerja sangat memuaskan. Program dan target capaian dilaksanakan dengan baik. Dan kita bangga juga Pemerintah Pusat menjadikan Dukcapil Lombok Utara barometer bagi daerah lain,” ungkap Wakil Bupati Syarifudin,SH.

 

Dikatakannya, OPD lain harus berkaca pada Dukcapil. Karena rata-rata OPD lain tidak memenuhi target capaian. Bahkan, tidak kinerja tidak bisa diukur karena target tidak bisa dilaksanakan.

 

“Saya tidak ingin menyebut satu persatu OPD yang tidak memuaskan ini. Namun, sudah saatnya ditiga tahun pemerintahan ini saling memperbaiki. Masih ada dua tahun untuk diperbaiki,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Lombok Utara, Sahabudin, mengatakan dinasnya sekarang tengah memrogramkan perekaman bagi anak-anak sekolah yang ada di jenjang sekolah menengah. 

 

“Alhamdulilah sejak kami launching sudah ada ratusan di bebrapa sekolah yang sudah tuntas melakukan perekaman e-KTP,” sebutnya.

 

Menurutnya, inilah salahsatu inovasi yang bertujuan untuk pendataan penduduk dan yang sudah memilii e-KTP. “Kita juga kerjasama sengan KPU karena mereka adalah pemilih pemula ,” tandasnya. tf

Leave A Reply