Ketua TP PKK Sebut Pentingnya Peran Ayah Untuk Cegah Stunting

Foto Ketua TP PKK Lotim, Hj. Nurhidayati Taofik.

Selong,DS – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur Hj. Nurhidayati Taofik menyebut pentingnya peran ayah dalam keluarga untuk menjaga tumbuh kembang anak sehingga tidak mengalami stunting. Dia menekankan perlu kerjasama antar kedua orang tua, ayah dan ibu dalam menentukan kesuksesan sebuah keluarga yang aman dan bebas dari stunting.

Pemberian makanan pada anak misalnya, kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Lombok Timur itu, bukan hanya tugas seorang ibu tapi juga tugas seorang ayah dalam hal ini memberikan keteladanan terhadap anak, karena ketika seorang anak melihat ayahnya sedang makan dan sebagainya tentu cendrung akan mengikuti.

“Karena anak menganggap seorang ayah itu sangat istimewa, mengingat seorang ayah kadang-kadang jarang dirumah,” ujarnya seraya menyambut baik Kelas Orang Tua Hebat — program yang digagas Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) — dalam upaya menjaga tumbuh kembang anak dan menurunkan stunting.

“Kelas orang tua hebat ini, menyasar tim Pkk ditingkat desa dan PLKB, dalam kapasitasnya sebagai tim pendamping keluarga,”paparnya.

Keberadaan kelas orang tua hebat diharapkan (bagi seluruh anggota yang memiliki sasaran di 1000 hari kehidupan dari sejak hamil sampai anak berusia 2 tahun), dapat terus intensif melakukan pendampingan, sesuai dengan materi yang telah diajarkan.

“Jadi setiap ibu ketika melahirkan siap menyusui bayinya karena ini adalah obat alami dari tuhan untuk mengatasi gizi buruk dan stunting. Sederhana saja sebenarnya, tinggal mengikuti petunjuk yang di buku KIA yang diberikan kepada para ibu,” jelasnya,

Menurutnya, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari pemerintah tidak menjamin bisa mengatasi stunting secara optimal tanpa diikuti dengan pola asuh yang baik pada anak dan pemerintah terus memberikan edukasi ke orang tua.

“seperti di buku KIA untuk umur sekian makanannya ini, baik dari tingkat kelembekannya, jumlah kuantitas dan kualitasnya sudah dijelaskan disana, nah ini tugas kita sebagai pendamping bagaimana menggiring masyarakat yang berada dimasa 1000 hari kehidupan itu komit dan konsentrasi hanya berpedoman di buku tersebut,”ucapnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.