Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Ketua BPD Kalijaga Baru Minta Polres Lotim Tindak Lanjuti Laporan Pemalsuan Tanda Tangan

20

SELONG, DS – Muhibbin, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kalijaga Baru, Kecamatan Lenek, Lombok Timur, meminta aparat Kepolisian untuk menindaklanjuti laporannya. Terkait pemalsuan tanda tangan BPD oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Kalijaga Baru, yang telah dilayangkan pada 31 Maret lalu.

Kepada wartawan, Selasa (02/06/2020), Muhibbin menyayangkan, belum adanya tindak lanjut pemanggilan saksi ataupum terlapor oleh penyidik Polres Lombok Timur. Padahal sudah 1,5 bulan progres laporan yang dilayangkannya tersebut masih belum jelas.

“Sementara, dalam jangka waktu 1,5 bulan ini belum ada informasi tentang pemanggilan saksi dan lain-lain,” tutur Muhibbin seraya mengaku sempat mengkonfirmasi progres penanganan laporannya tersebut kepada penyidik pada tanggal 01 Mei lalu, dan dijanjikan akan dilakukan pemanggilan seminggu kemudian terhadap saksi-saksi.

Namun hingga saat ini, belum ada informasi pemanggilan saksi yang didapatkannya. Ia pun menyelipkan harapan agar penyidik segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan pemanggilan terhadap saksi ataupun terlapor. Agar pemalsuan tanda tangan tersebut tidak menjadi preseden buruk dalam pengadministrasian di Desa Kalijaga Baru.

“Semoga menjadi atensi, semoga menjadi prioritas. Karena ini menjadi preseden buruk kalau tidak dituntaskan pemalsuan tanda tangan ini,” harapnya.

Seperti yang telah diberitakan media ini pada April lalu, Muhibbin melaporkan Sekdes Kalijaga Baru ke Kepolisian, terkait dugaan pemalsuan tanda tangan dalam dokumen Peraturan Desa (Perdes) Nomer 01 tahun 2020, tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) APBDes tahun 2019.

Ia selaku ketua BPD tidak pernah menandatangani dokumen LPJ Realisasi APBDes tersebut. Karena itulah, dia merasa keberatan, dan melaporkan pemalsuan tanda tangan tersebut ke Polres Lombok Timur.

Dimintai tanggapan melalui aplikasi perpesanan terkait hal ini, Kasat Reskrim Polres Lombok Timur, AKP Daniel P. Simangunsong, mengatakan dirinya telah menekankan agar setiap kasus yang dilaporkan ke Satreskrim, ditangani sesuai prosedur. Sembari berjanji akan mengecek progres penanganan kasus tersebut.

“Semua perkara kami tekankan untuk ditangani sesuai dengan prosedur. Coba koordinasikan saja dengan kanitnya. Nanti kita cek,” jawabnya singkat. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.