Rabu , 11 Desember 2019
Home / Kesehatan / Sekda Lotim: Sanitarian Harus Tingkatkan Kapasitas
Sekda Lotim Rohman Farly

Sekda Lotim: Sanitarian Harus Tingkatkan Kapasitas

SELONG,DS- Serangkaian peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia tahun 2019 di Kabupaten Lombok Timur, pengurus  Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan  Indonesia (HAKLI) setempat menggelar seminar Kesehatan Lingkungan dan Pengambilan Sumpah Profesi Tenaga Kesehatan Lingkungan (Sanitarian).  Acara bertema “Penguatan Profesionalasme Sanitarian dalam Pencegahan Stunting Diera Milinial” ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan para anggotanya untuk dapat berkarya lebih komprehensif dalam penangulangan masalah kesehatan, terutama stunting di Kabupaten Lombok Timur.

Acara dibuka  Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur,  Drs. H. Rohman Farly MM, mewakili Bupati Lombok Timur, Sabtu (21/09), di Ballroom Lantai 2 Kantor Bupati. Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Dr Hasbi Santoso, Ketua HAKLI Provinsi NTB, H. Ali Wardana, SKM, M.Si., Ketua HAKLI Kabupaten Lombok Timur, Dr. H. Pathurrahman, SKM., MAP., dan anggota HAKLI Kabupaten Lombok Timur.

Sektetaris Daerah Lombok Timur dalam sambutannya menyampaikan kesehatan berhubungan erat dengan kesejahteraan. Bila masyarakat sudah sehat maka tentu akan sejahtera. Karenanya bentuk pendekatan pada masyarakat adalah kesehatan.

“Berbicara masyarakat yang sejahtera maka yang paling utama adalah apakah masyarakat sehat atau tidak, tetapi kalau masyarakat tidak sehat maka kesejahteraan tentu tidak akan terlaksana dengan baik,” ungkap Rohman seraya mengingatkan kesehatan lingkungan adalah bagian dari ibadah dan puncak segala aktifitas.

Lingkungan menjadi yang paling utama dalam mewujudkan kesehatan dan HAKLI memiliki makna strategis dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Karenanya dibutuhkan peningkatan kapasitas bagi seluruh anggota HAKLI mengingat tantangan ahli kesehatan lingkungan ke depan akan semakin komplek dengan semakin menurunnya daya dukung lingkungan, akibat kerusakan lingkungan yang masih terjadi.

Seminar ini menjadi jembatan peningkatan pengetahuan, keterampilan, juga motivasi untuk perbaikan pola pikir, pola kerja, serta pengembangan karier di masa mendatang.

Sementra itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Dr. Hasbi Santoso, dalam sambutanya menyatakan sebagai anggota organisasi profesi anggota HAKLI dituntut dapat mengayomi dan mengembangkan profosionalitas anggotanya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat melaksanakan tugas profesinya sesuai dengan standard profesi.

Untuk itu  ia menghimbau seluruh anggota HAKLI terus menjalin kerjasama dan menjaga kekompakan, agar dapat berbuat yang lebih bermakna, tidak hanya demi kemajuan organisasi, juga  untuk kemaslahan umat, terutama kesehatan lingkungan di Kabupaten Lombok Timur tegasnya.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Hj. Niken: Stop Penggunaan Pewarna & Bahan Berbahaya Dalam Makanan.

MATARAM,DS-Jajanan yang mengandung zat-zat kimia dan pewarna berbahaya, jika dikonsumsi oleh anak-anak, memang tidak semuanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: