Minggu , 23 Desember 2018
Home / Kesehatan / Rohmi : Peran Ibu Penting Jaga Ketahanan Keluarga
Hj.Siti Rohmi Djalillah bersama ketua PKK NTB

Rohmi : Peran Ibu Penting Jaga Ketahanan Keluarga

MATARAM, DS –Sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga dapat berpengaruh besar terhadap masing-masing anggotanya. Keluarga di Indonesia diharapkan dapat menjadi keluarga yang mampu mengenal, mencegah, dan mengatasi masalah kesehatan setiap anggota keluarganya, sehingga tercapai keadaan gizi yang optimal untuk seluruh anggota keluarga.

Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah saat peringatan hari Ibu ke-90 pada Kamis (20/12), mengatakan keberhasilan pembangunan dimulai dari lini terkecil, yakni keluarga. Oleh karenanya, jika program pembangunan di NTB dapat berjalan sukses maka harus dimulai dari rumah.

“Disitulah, peran seorang ibu menjadi penting dalam mewujudkan ketahanan keluarga, baik dalam segi sosial, ekonomi dan kesehatan,” ujar Rohmi saat menyampaikan sambutannya.

Menurut Wagub peran ibu dalam menentukan nasib bangsa. Dimulai dari proses pra kehamilan, melahirkan dan mendidik anak hingga dewasa. Sehingga, tugas ibu tidak hanya sekadar memastikan kecukupan asupan gizi anak.

“Tapi sebagai ibu harus juga memperhatikan kesehatan seluruh anggota  keluarganya,” ucap Rohmi di hadapan jajaran Organisasi wanita NTB.

Oleh karena itu, agar semua peran ibu dapat maksimal, maka revitalisasi Posyandu harus dimaksimalkan agar lebih berdayaguna.  Kata Rohmi, ia menghendaki agar kegiatan Posyandu tidak hanya sekedar  sebulan dilakukan bagi penimbangan bayi dan balita.

“Jadi, agar bisa maksimal, seharusnya Posyandu juga bisa sebagai tempat  pelayanan kesehatan yang mendasar. Yakni, masyarakat bisa konsultasi kesehatan, pemberian makanan tambahan, hingg penyuluhan tentang bagaimana hidup sehat,” tandas Rohmi Djalilah.

Sementara itu, Ketua panitia perayaan hari Ibu, Hj. Niken Saptiarini Widyawati Zulkieflimansyah mengaku, momentun hari ibu kali ini, merupakan refleksi atas eksistensi peran perempuan dalam berbagai sektor pembanguna.

Menurut Niken, kaum perempuan jika diberi kesempatan akan mampu mengembangkan potensi mereka. Termasuk, bagaimana peran perempuan dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsanya.

“Keluarga itu adalah pilar penanaman nilai karakter dan budi pekerti. Ketahanan keluarga berwujud pada kemampuan keluarga yang ulet dan ketangguhan menghadapi berbagai dinamika kehidupan yg terjadi, termasuk sosok yang komit dan mapan secara  ekonomi, psikologis dan memiliki hubungan  sosial yang baik,” tandasnya. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

GEMPA SUSULAN, 10 ORANG MENINGGAL DUNIA

MATARAM,DS-Gempa bumi yang beruntun mengguncang Lombok menyebabkan korban jiwa dan kerusakan bangunan bertambah. Gempa dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *