Senin , 9 Desember 2019
Home / Kesehatan / Roadshow PKK NTB ke Bima
roadshow dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG)ke 45 PKK Tingkat Provinsi NTB ke Kabupaten Bima, Senin (20/2/17).

Roadshow PKK NTB ke Bima

MATARAM,DS-Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin, beserta rombongan melakukani roadshow dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG)ke 45 PKK Tingkat Provinsi NTB ke Kabupaten Bima, Senin (20/2/17). Acara dilanjutkan ke Kota Bima.
Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, dihadiri Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, Ketua TP.PKK Kota Bima Rostiati H. Dahlan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bima, dan kader-kader PKK se-Kabupaten Bima.
Kelompok Wanita Tani (KWT) Oi Sie Desa Roka Kecamatan Belo, KWT Meci Angi Desa Tangga Kecamatan Monta, KWT Bunga Harapan Desa Pandai Kecamatan Woha menjadi desa yang menerima bantuan bibit cabe rawit. Rostiati H. Dahlan menyampaikan seluruh gerakan PKK harus diarahkan pada kegiatan untuk mewujudkan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera. “Hal tersebut nantinya tercermin dalam kehidupan keluarga yang saling asih, asah, dan asuh sebagai norma terwujudnya keharmonisan kehidupan keluarga,” ujarnya.
Bupati Bima menyampaikan pihaknya memilih Kecamatan Woha, karena kecamatan ini sedang dipersiapkan menjadi ibukota Kabupaten Bima. “Hal ini kami lakukan agar Woha mampu berbenah diri dalam memaksimalkan pelayanan KB bagi seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.
Dalam kesempatan kali ini, Wakil Ketua I TP. PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin, menyampaikan kegiatan roadshow ini dalam rangka sosialisasi, penyuluhan dan pembinaan 10 program PKK. Terkait program tancap gas (tanam cabe pelihara unggas), nantinya 1 kepala keluarga akan menerima 5 bibit cabe dan untuk unggas akan diberikan pada roadshow PKK tahap 2.
“Nantinya bapak ibu akan dibimbing oleh dinas terkait agar bibit cabe tersebut menghasilkan cabe yang banyak. Disamping bisa dikonsumsi cabenya juga bisa dijual untuk membantu perekonomian keluarga,” ujarnya.
Hj. Syamsiah pun berpesan kepada hadirin untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menanam pohon. “Seperti kita ketahui beberapa wilayah di NTB baru-baru ini terkena bencana banjir. Hal ini disebabkan oleh banyaknya lahan yang gundul. Untuk mengatasi hal tersebut, mari kita sama-sama menanam pohon di sekitar kita untuk mengurangi debit air ketika hujan besar datang,” pungkasnya.
Pada kesempatan itu Hj. Syamsiah beserta TP.PKK Provinsi NTB menyerahkan bantuan 500 bibit cabe rawit kepada 5 KWT (Kelompok Wanita Tani), media informasi tentang pengelolaan bibit cabe rawit dan pengelolaan sampah, serta bantuan MP-ASI untuk ibu hamil dan balita, serta berkunjung ke Puskesmas Woha dan Rumah Sehat Hatinya (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK di Desa Rabakodo Kecamatan Woha.

Di Kota Bima
Pada hari yang sama roadshow dilanjutkan dengan mengunjungi masyarakat Kota Bima. Kegiatan berlangsung di Aula Pemerintah Kota Bima ini dihadiri oleh Plt. Sekda Kota Bima Drs. Mukhtar Landa, Ketua TP.PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bima, dan kader-kader PKK se-kota Bima.
Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati dari Kelurahan Santi menjadi kelurahan yang menerima bantuan bibit cabe rawit. Hj. Yani Marlina selaku ketua TP. PKK Kota Bima berharap program dan pelayanan KB di Kota Bima selama ini dilaksanakan secara terpadu dengan mengoptimalkan pelayanan rutin di klinik-klinik KB.
Plt. Sekda Kota Bima yang mewakili Walikota Bima mengatakan keberadaan TP. PKK telah banyak membantu dalam pelaksanaan beberapa program pemerintah di daerah. “Kami berharap TP. PKK Kota Bima mempunyai tekad yang kuat untuk terus belajar dari TP.PKK Provinsi NTB sehingga bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat,” harapnya.
Wakil Ketua I TP. PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin menyerhkan bantuan 500 bibit cabe rawit kepada 5 KWT (Kelompok Wanita Tani) dari Kelurahan Santi, media informasi tentang pengelolaan bibit cabe rawit dan pengelolaan sampah, serta bantuan MP-ASI untuk ibu hamil dan balita, serta berkunjung ke Majelis Taklim Al-Hikmah di Kelurahan Rabangodu Selatan untuk sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) oleh Hj. Syamsiah beserta jajaran TP.PKK Provinsi NTB. hms

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Andalkan Inovasi Layanan Unggulan, NTB Segera Launching Medical Tourism

MATARAM,DS-NTB memiliki potensi cukup besar sebagai pusat Medical Tourism di Indonesia. Dengan mengandalkan inovasi jasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: