Selasa , 18 Juni 2019
Home / Kesehatan / NTB Pasang Thermoscanner Antisipasi Cacar Monyet di Bandara Lombok
dr. Nurhandini Eka Dewi, Kepala Dikes

NTB Pasang Thermoscanner Antisipasi Cacar Monyet di Bandara Lombok

MATARAM, DS – Temuan kasus cacar monyet atau monkeypox yang dibawa warga Nigeria ke Singapura menjadi perhatian Provinsi NTB. Pendeteksi suhu tubuh alias thermal scanner pun sudah dipasang di Terminal Internasional Bandara Internasional Lombok (BIL) milik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara.

Alat pendeteksi ini diletakkan di jalur kedatangan internasional di BIL untuk mengantisipasi masuknya virus zika sebagai penular penyakit cacar monyet (monkeypox). Polanya, seluruh penumpang dari Singapura dan Malaysia harus melewati thermal scan yang sudah dipasang di bandara.

“Hal ini sebagai langkah deteksi dini bila ada penumpang yang suhunya tinggi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, MPH menjawab wartawan, Senin (20/5).

Menurut dia, para penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tinggi akan mendapatkan penanganan khusus. “Jika penumpang suhu tinggi atau ada masalah akan dirujuk ke RSUD Provinsi NTB,” kata Nurhandini.

Ia menyatakan, sampai saat ini belum ada laporan masuknya virus zika sebagai penular penyakit cacar monyet di NTB. “Kalau ke arah monkeypoxbelum ada,” ucap Nurhandini.

Dikonfirmasi terpisah, General Manager BIL Nugroho Jati mengatakan BIL telah mengaktifkan thermal scanner milik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara di jalur kedatangan internasional di BIL. Thermal scanner itu telah terpasang sejak Senin (13/5) lalu.

“Kami juga menyiapkan lokasi parkir khusus kendaraan ambulans untuk membawa suspect ke rumah sakit rujukan di Mataram,” kata Jati. Para petugas juga menggunakan masker muka dan sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung dengan suspect.

Jati menjelaskan manajemen BIL selalu melakukan prosedur kewaspadaan dan pemantauan bagi penumpang internasional yang datang mendarat dari Singapura sebagai antisipasi cacar monyet. Para petugas diminta melaporkan ke KKP bila menemui kecurigaan suspect cacar monyet.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan pemantauan dan inspeksi terhadap kabin pesawat yang mendarat dari Singapura.

“Penanganan khusus suspect dilakukan oleh tim kesehatan KKP. Kami menyiapkan jalur khusus suspect untuk menghindari kontaminasi, ini yang dipersiapkan penanganan di bandara,” tandas Jati. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Ada Bayi Tanpa Anus, Hasil Penelitian Nexus3 Foundation, Dampak Mercury di Tambang Rakyat Sekotong dan KSB Mengkhawatirkan

MATARAM, DS – Dampak limbah merkuri yang ditimbulkan dari aktivitas penambangan tradisional di pegunungan Sekotong, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: