Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Kesehatan / HIDROPONIK, SOLUSI BERCOCOK TANAM DI KOTA
Masbuhin menjelaskan kepada Wagub terkait hidroponik

HIDROPONIK, SOLUSI BERCOCOK TANAM DI KOTA

MATARAM,DS-Cara bercocok tanam menggunakan metode hidroponik menjadi pilihan untuk mendapatkan buah atau sayuran organic. Setidaknya untuk konsumsi sendiri. Selain tidak memerlukan lahan yang luas, produk yang dihasilkan juga lebih sehat. Karena tidak menggunakan bahan kimia dalam prosesnya.

Media tanam hidroponik pun makin beragam. Tidak harus menggunakan media tanam mahal seperti rockwool dan pipa paralon serta listrik untuk memastikan sirkulasi pasokan air.Media tanam menggunakan pasir laut atau kali dalam media bak atau ember dinilai lebih efisien dan praktis.

H Masbuhin, pegiat hidroponik di Mataram lebih suka menyebut dengan istilah urban farm bagi kalangan milenial perkotaan. Lahan pertanian bisa jadi bukan milik warga kota. Selain penghuni kota bukanlah petani, kondisi padat bangunan membuat lahan kosong sulit ditemukan untuk sekadar bertanam bunga apalagi bertani. Tapi Masbuhin punya angan angan, kota pun bisa menjadi lahan pertanian hidroponik dalam skala besar.

“Saya sedang mengembangkan hidroponik dengan media tanam pasir. Kelebihannya kita bisa menanam buah dan sayur dengan produksi yang lebih banyak di lahan sedikit kalau dibandingkan pakai yang sudah ada seperti rockwool yang mahal. Kita juga bisa mengatur sendiri pasokan dan sirkulasi air tanpa alat listrik karena media pasir lebih mudah pemanfaatannya,” terang Masbuhin.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Wakil Gubernur NTB Resmikan Bank Sampah Al-Fadhila Desa Aikmel Timur

SELONG,DS-Program Zero Waste yang digagas Pemerintah Provinsi NTB semakin banyak mendapat dukungan masyarakat. giliran masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: