Senin , 16 Desember 2019
Home / Kesehatan / DMS Siap Advokasi Warga Yang Terkendala Layanan Kesehatan
Pelantikan pengurus DMS Lotim

DMS Siap Advokasi Warga Yang Terkendala Layanan Kesehatan

SELONG,DS-Satu lagi muncul organisasi sosial kemasyarakatan yang bergerak di sektor kesehatan yang siap memasilitasi dan mengedukasi atau memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bidang kesehatan. Organisasi ini digagas sejumlah praktisi dari banyak bidang ilmu dan keahlian dengan mengusung nama Dewan Masyarakat Sehat (DMS) yang akan memiliki keanggotaan di semua desa yang ada di Lombok Timur.

Kehadiran organisasi yang digerakkan sejumlah praktisi dari berbagai bidang keilmuan ini sudah mendapatkan lampu hijau untuk melakukan aksi nyatanya membantu pemerintah dalam pembangunan sektor kesehatan dengan dilantiknya pengurus yang akan mengemban tugas hingga 2023 mendatang. Pelantikan pengurus DMS dilakukan Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan di Desa Anggaraksa, Kecamatan Pringgabaya, Jum’at (17/2), disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, drg. H. Asrul Sani dan sejumlah unsur Muspika Kecamatan Pringgabaya.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengapresiasi kehadiran lembaga ini yang dengan semangat mudanya dapat membantu kerja pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan warga Lombok Timur. Namun dipesankan, dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, organisasi ini tidak hanya fokus dalam penanganan kesehatan jasmani semata. Pun kesehatan rohani harus mendapatkan perhatian.

“Sesuai dengan misi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang ingin mewujudkan masyarakatnya sejahtera lahir dan bathin, DMS ini jangan hanya fokus pada program pembangunan kesehatan jasmani. Namun, pembangunan kesehatan rohani juga tidak boleh dikesampingkan,” harap Bupati.

Sementara itu, Ketua Dewan Masyarakat Sehat (DMS), Dedi Supriadi, mengungkapkan bahwa organisasinya akan berusaha mengadvokasi, memasilitasi dan memberikan edukasi bagi masyarakat dalam hal penanganan masalah kesehatan. Sebab, kerap terjadi di tengah masyarakat, kasus-kasus yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang belum sepenuhnya difahami masyarakat awam.

“DMS akan memiliki keanggotaan di semua desa yang ada di Lombok Timur. dengan modal swadaya maupun sumbangan tidak mengikat lainnya, DMS akan membantu warga yang sedang mengalami persoalan yang berkaitan dengan kesehatan. Anggota akan membantu masyarakat dalam pengurusan asuransi kesehatannya,” terang Dedi usai pelantikan.

Untuk mewujudkan segala gagasan, DMS sudah membangun kerjasama dengan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dalam setiap layanan kesehatan akan selalu terlibat. Selain dengan BPJS Kesehatan, DMS juga telah menjalin kerjasama dengan seluruh klinik yang ada di Lombok Timur. Tak terkecuali, seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah. Sebab, DMS sejatinya selalu berjalan bergandengan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur.

Dan sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait prosedur layanan kesehatan, dalam waktu dekat akan memberikan sosialisasi terkait penanganan kegawatdaruratan bagi para pengojek di Lombok Timur. Sebab, dalam faktanya di lapangan, para pengojek kerap menemukan kejadian kecelakaan di jalan raya yang korbannya tentu membutuhkan tindakan medis yang cepat.

“Profesi pengojek harus diberikan perhatian yang besar dalam penanganan masalah kegawatdaruratan. Sebab, profesi inilah yang paling sering menemukan kasus kecelakaan di jalan raya,” ujarnya.

Pembekalan yang diberikan, para pengojek akan memiliki pengetahuan terkait penanganan korban. Dengan demikian, resiko terburuk yang diderita korban kecelakaan dapat diminimalisir. “Begitu juga dengan adanya kasus-kasus darurat di kalangan masyarakat. Profesi pengojek kerap menjadi opsi pertama untuk dimanfaatkan sebagai pengantar pasien menuju tempat pengobatan,” ungkap Dedi.krisma ag

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

BPOM gandeng TP PKK NTB Awasi Keamanan Pangan!

MATARAM,DS-Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) Mataram melakukan kerja sama terkait keamanan, mutu serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: