Kesehatan Tahanan Tak Luput dari Perhatian Polres Lombok Utara

Lombok Utara, DS–Polres Lombok Utara melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan di ruang tahanan pada Selasa. Kegiatan ini dipimpin Pawas IPTU I Wayan Cipta Naya, SH bersama Seksi Dokkes (Si Dokkes) dan Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti).

Pemeriksaan tidak hanya terfokus pada tahanan tetapi juga mencakup inspeksi menyeluruh terhadap kondisi ruangan. Bersama Pawas, personil Sat Tahti dan piket Provost melakukan pemeriksaan detail untuk mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang dan berbahaya seperti narkoba, rokok, korek api, dan handphone.

IPDA Zainuddin mewakili Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro, S.I.K, M.Si, menekankan pentingnya pemeriksaan ini, “Kami tidak hanya memeriksa kesehatan para tahanan tetapi juga memastikan bahwa ruangan mereka bebas dari barang-barang yang dapat membahayakan.” katanya.

Sejumlah 30 tahanan yang menjalani pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Si Dokkes dengan kepemimpinan dokter Dwityo Rahmat Setiawan. Pemeriksaan meliputi pengecekan tensi, gula darah, dan pemberian vitamin, serta penerapan jam olahraga harian untuk menjaga kebugaran tahanan.

Kasat Tahti menambahkan, “Kami rutin melaksanakan kegiatan ini untuk mencegah penyakit dan stres tinggi di lingkungan sel, yang dapat mempengaruhi kondisi fisik tahanan.”

Kegiatan ini merupakan program kerja Sat Tahti dalam mengelola tahanan yang ada di Fuang tahanan Polres Lombok Utara. Dalam membangun pelayanan publik seperti keluarga namun sahabat tahanan yang akan bembesuknya ke Sat Tahti yang sesuai dengan waktu yang telah di tentukan

IPDA Zainuddin menegaskan pemeriksaan kesehatan akan terus dilakukan secara rutin. Selain konseling psikology yang dilaksanakan oleh tim konselor Polres Lombok Utara, setiap 6 bulan tim odontogram Bid Dokkes Polda NTB juga melaksanakan pemeriksaaan terhadap struktur gigi para tahanan. sebagai bentuk layanan Kepolisian yang responsif dan peduli terhadap tahanan yang masih menjalani proses hukum. Hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.