Berbagi Berita Merangkai Cerita

Kepulangan Eva Liga Dangdut Ditengah Corona Ciptakan Kerumunan, Dandim Mengaku Kecolongan, Sekda Lotim Minta Maaf

0 36

SELONG,DS- Kepulangan Eva Yolanda, peserta Liga Dangdut yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun TV Nasional, ternyata disambut kerumunan massa. Padahal Pemda Lombok Timur telah memberlakukan pelarangan berkumpul ditengah siaga bencana Corona.

Menanggapi hal ini, Sekda Lombok Timur, M. Juaini Taofik, Minggu (05/04/2020 malam, melalui aplikasi pesan menyesalkan kejadian tersebut. Taofik menyayangkan sikap masyarakat yang masih berkerumun.

“Artinya, masyarakat kita di bawah belum sepenuhnya peduli terhadap ancaman Covid-19 ini. Terbukti jauh dari perilaku aman saat berkumpul, melanggar sosial distance dan sebagian besar tidak memakai masker,” keluh Taofik. Ia pun menjelaskan kepulangan Eva Yolanda diberlakukan sama dengan semua warga lain yang datang dari luar daerah, maupun luar negeri.

Eva yang turun dari pesawat kemudian diperiksa oleh petugas posko, dan diketahui dalam kondisi sehat dengan suhu 36,2°c (normal). Ia pun keluar melalui pintu Orang Tanpa Gejala (OTG). Kemudian pulang ke rumahnya di Desa Lando, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

“Kita sesalkan kejadian ini. Nasi sudah menjadi bubur, Dik,” ucapnya seraya meminta maaf atas kejadian tersebut dan akan menjadi bahan evaluasi kedepannya. Serta, tantangan bagi Pemda untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang tingginya bahaya penyebaran virus Covid-19.

“Tantangan buat kami (tim Covid). Dan mohon dukungan media untuk kita lebih bekerja keras lagi memaksimalkan kesadaran masyarakat kita,” ungkapnya.

Pada saat kedatangan Eva, pihak keamanan hadir untuk mengantisipasi kerumunan massa. Namun demikian, usaha aparatur pemerintah tanpa kesadaran masyarakat tidak mungkin berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Tolong direnungkan. Bagaimana kalau tidak ada aparat. Bisa jadi kondisinya lebih mengkhawatirkan,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf. Agus Prihanto Dony, mengaku kecolongan terkait terkonsentrasinya massa dalam penyambutan Eva Yolanda.

“Saya juga minta maaf sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas. Karena terus terang saya kecolongan terkait kejadian ini,” sesalnya.

Sementara itu, Kapolres Lombok Timur, AKBP Tunggul Sinatriyo, yang juga diamanatkan sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas, mengatakan bahwa petugas telah menjalankan prosedur sesuai SOP. Bahkan, petugas telah menyarankan manajemen Eva Yolanda untuk tidak pulang ke rumah sementara waktu.

“Namun demikian, Gugus Tugas akan melakukan investigasi untuk menindak tegas apabila ada oknum petugas dan masyarakat yang melanggar peraturan sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur,” tegas Kapolres.dd

Leave A Reply