BSK Samawa

Kepala Museum Harap Bupati  Bentuk Museum di KLU

Lombok Utara, DS-Kepala Museum Negeri Nusa Tenggara Barat bersama jajarannya melakukan silaturahmi bersama Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) di Kantor Bupati setempat, Rabu (08/02/2023).

Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nuralam, S.H., M.H. mengatakan  silaturahmi tersebut mendorong pemerintah KLU agar membentuk Unit Kerja atau UPTD Museum yang berfungsi untuk merawat dan melestarikan barang yang bernilai sejarah dan cagar budaya yang dimiliki oleh masyarakat.

“Kami berharap Bupati Lombok Utara dapat menginisiasi pembentukan UPTD Museum yang dapat menghimpun benda-benda yang bernilai sejarah dan budaya,” ungkapnya

Ahmad Nuralam menyampaikan kunjungan ke kabupaten Lombok Utara ini salah satu kegiatan roadshow di kabupaten kota se NTB terkait strategi dalam mencapai Kotaku Museumku dan Kampungku Museumku.

Dari 10 kabupaten kota di NTB baru ada 2 yang memiliki museum daerah yaitu Kabupaten Bima dan Sumbawa. Sebanyak 8 kabupaten kota yang belum memiliki museum diharapkan dapat segera membentuk.

Pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pemerhati budaya terkait tata cara pelestarian dan perawatan barang-barang yang bernilai sejarah agar tidak mudah rusak dan dapat dilestarikan. “Kegiatan sosialisasi  dilakukan di kecamatan yang memang terdapat banyak barang-barang bernilai sejarah dan kategori cagar budaya,” katanya.md

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.