Kepala Dinas Pariwisata Optimis 2 Juta Wisatawan Berkunjung ke NTB

Jamaludin Maladi

Mataram, DS-Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Jamaludin Maladi, optimis sebanyak 2 juta wisatawan akan berkunjung ke NTB tahun ini. “Insyaallah kita targetkan 2 juta wisatawan yang berkunjung tahun 2023,” katanya, Jumat (11/02/2023).

Pihaknya optimis karena target tersebut sebagai rambu-rambu agar punya motivasi untuk bekerja. “Contohnya kemarin saat WSBK, pemerintah menargetkan penonton 45 ribu, dan alhamdulillah saya sebagai korlap bisa mencapai 51 ribu penonton,” tandasnya.

Jamaludin mengatakan kunjungan wisatawan ke Gili Trawangan dari Bali sekarang ini per harinya sudah sampai 16 ribu sampai 75 ribu orang.

“Kalau 10 bulan hitungannya kan satu juta setengah. Dan, sekarang bandara kita itu sehari sekitar 2 ribuan tamu yang masuk lewat di Bandara Internasional Lombok, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Artinya kalau 10 bulan sebanyak 2 juta sudah tercapai,” paparnya.

Sebelum wabah Covid 19, NTB menarik kunjungan 4-5 juta pengunjung. Hal ini menjadi tolok ukur terkait target tersebut.

Gubernur NTB pun sudah melakukan pertemuan dengan manajemen maskapai penerbangan Air Asia dalam upaya membuka jalur penerbangan.

“Alhamdulillah diterima dengan baik terkait rencana kita menargetkan 2 juta wisatawan yang masuk di NTB,” ujar Jamaludin. Berbagai kegiatan yang memicu kedatangan wisatawan pun dilakukan seperti mengikuti kegiatan Forum Asean Homestay Internasional.

“Dalam forum itu banyak Negara ASEAN yang hadir di Jogjakarta. Dan, kebetulan alhamdulillah kemarin saya diberikan kepercayaan oleh Pemerintah Pusat, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif menjadi key note speaker untuk berbicara tentang homestay yang sudah terbangun di Provinsi Nusa Tenggara barat,” katanya.md

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.