Kejar Target UHC, Alokasi Urusan Pendidikan di Lotim 37,20 Persen

Penyerahan bansos Kemensos RI

Selong, DS-Alokasi dana urusan pendidikan di Lombok Timur sebesar 37,20%, sedangkan urusan kesehatan dianggarkan sebesar 21,47%. Hal itulah yang tertera dalam Rancangan APBD Lombok Timur Tahun 2024 untuk mengejar target cakupan kesehatan semesta (UHC) dengan alokasi mencapai Rp 61 miliar.

Pj. Bupati Lombok Timur, H. Muhammad Juaini Taofik, pada penyerahan bantuan sosial Kementerian Sosial RI bersama Komisi VIII DPR RI, di Ballroom Kantor Bupati setempat, Senin (27/11), menjelaskan bahwa pencapaian UHC menjadi salah satu target pemerintah Lombok Timur pada masa transisi. Disamping itu, penurunan angka stunting dan terbangunnya Mall Pelayanan Publik sebagai upaya peningkatan pelayanan perizinan yang diharapkan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dengan jumlah penduduk miskin mencapai lebih dari 15%, Pj Bupati Lotim mengakui APBD Lombok Timur tidak dapat meliputi seluruhnya. Karena itu ia berterima kasih kepada kementerian sosial dan anggota komisi VIII DPR RI, H. Nanang Samodra, yang telah mengawal kebutuhan masyarakat Lombok Timur melalui bantuan sosial. Juaini juga mengaku bersyukur dengan adanya perwakilan Lombok Timur di DPR RI.

Pada acara yang dihadiri Kepala Sentra Paramita Mataram dan pihak Kementerian Sosial RI itu disampaikan pula total bantuan sosial untuk Lombok Timur mencapai lebih dari Rp. 323 miliar. Jumlah tersebut mencakup bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Rumah Sejahtera Terpadu (RST), Yatim Piatu (YAPI), Permakanan Lansia, Atensi, Permakanan Disabilitas, juga Sembako. hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.