Kecepatan dan Ketepatan Kebutuhan Realisasi APBD

HM Juaini Taofik dalam rapat bersama pimpnan OPD

Selong, DS-Mendorong percepatan realisasi APBD 2024 Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengingatkan dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pelaksanaan APBD. Salah satu yang dipandangnya penting untuk itu adalah memperkuat administrasi, termasuk penguasaan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang diharuskan penggunaannya tahun 2024.

Mengingatkan seluruh pimpinan OPD serta bendahara yang hadir pada kegiatan yang berlangsung Rabu (3/1) di Rupatama 2 Kantor Bupati Lombok Timur, Juaini mengatakan sudah seharusnya para bendahara selalu memperbarui pengetahuan dan wawasannya terkait perubahan yang terjadi, utamanya yang sesuai bidang tugas.

Ia pun meminta agar OPD dan bendahara masing-masing memanfaatkan waktu pemeriksaan awal yang biasanya dilakukan BPK pada sekitar akhir Januari dan awal Februari. Dipesankannya agar hasil pemeriksaan tersebut dapat segera ditindaklanjuti sesuai rekomendasi dan waktu yang telah ditentukan.

Selain profesionalisme dan kompetensi, Pj. Bupati yang didampingi Pj. Sekda, Kepala BPKAD, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, serta Kepala Bappeda, menggarisbawahi integritas juga harus ada pada diri masing-masing bendahara. Penandatanganan Pakta Integritas yang berlangsung pada kesempatan tersebut diharapkan dapat semakin menguatkan integritas para bendahara lingkup Pemda Lombok Timur.

Secara umum Pj. Bupati mengaku optimis terhadap APBD 2024 yang dinilai kondisinya lebih baik dibanding APBD tahun 2023 lalu. hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.